Riko Simanjuntak Sambut Kehadiran Simon McMenemy di Timnas Indonesia

Gelandang sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak menyambut positif kehadiran Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia. Arsitek asal Skotlandia itu diyakini bisa membuat Skuat Garuda kembali disegani.

Selain pernah membesut Timnas Filipina pada 2010 lalu, Simon juga memiliki pengalaman tinggi di Indonesia karena dua musim terakhir menangani Bhayangkara FC. Hal itu menjadi modal tersendiri bagi Simon.

“Jadi menurut saya dia sosok pelatih yang bagus buat Timnas Indonesia. Saat di Bhayangkara FC juga mencatat prestasi, juara di 2017 dan tiga besar di 2018. Catatan itu cukup bagus,” ujar Riko.

Soal perbandingan antara pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, Luis Milla Aspas, Riko menuturkan jika setiap pelatih punya gaya berbeda. Taktik dan strategi yang diandalkan juga berbeda.

“Kalau coach Luis Milla memang sudah memberi yang terbaik, termasuk programnya. Dia berhasil mengubah permainan,” kata mantan pemain Semen Padang ini.

“Tapi saya yakin coach Simon punya taktik dan strategi yang bagus. Itu semua sudah terbukti di Bhayangkara FC. Klub itu berubah menjadi disegani di Indonesia. Jadi saya merasa pelatih ini punya kemampuan baik dan bisa membuat perbahan di sepak bola Indonesia,” tambah Riko.

Lebih lanjut, Riko berharap bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia. Bermain semaksimal mungkin di setiap kesempatan menjadi janjinya.

“Kalau berharap dipanggil ke Timnas Indonesia itu sudah pasti. Namanya pemain sepak bola berharap dapat membela negara sendiri,” imbuh Riko.