2 Pesaing Kuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019

Perjuangan Timnas Indonesia U-22 untuk meraih medali emas SEA Games 2019 diprediksi akan berlangsung sulit. Pelatih Indra Sjafri, memprediksi ada dua tim yang berpotensi menjadi lawan tangguh untuk timnya tersebut.

Medali emas SEA Games memang menjadi sesuatu yang langka buat Indonesia. Cabang olahraga sepak bola belum lagi mampu menjadi yang pertama dalam pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara itu sejak edisi 1991 alias 28 tahun silam.

Pada edisi sebelumnya, bermaterikan pemain-pemain elite yang diasuh Luis Milla, Indonesia hanya mampu meraih perunggu. Pelatih saat ini, Indra Sjafri, memprediksi peta persaingan untuk SEA Games 2019 tak banyak berbeda dari edisi dua tahun lalu itu.

“Sepak bola di Asia Tenggara sekarang sudah merata. Itu tergambar dari Piala AFF, Piala AFC, dan Asian Games kemarin,” kata Indra Sjafri kepada Bola.com, Jumat (21/12/2018).

“Semua bagus sekarang. Mulai dari Thailand dan sekarang Vietnam juga bagus,” ujar pelatih berusia 55 tahun itu.

Prediksi Indra Sjafri memang bukan isapan jempol belaka. Thailand saat ini menjadi pengoleksi medali emas SEA Games terbanyak yakni 16 keping yang tiga di antaranya diraih beruntun pada 2013, 2015, dan 2017.

Sebelum bertarung di SEA Games 2019, Timnas Indonesia U-22 lebih dulu akan menjajal turnamen Piala AFF 2019. Pada ajang tersebut, mereka akan berada di Grup B bersama Myanmar, Singapura, Malaysia, dan tuan rumah Kamboja.

Setelah itu, Timnas Indonesia U-22 juga akan bertarung untuk mendapatkan tiket ke Piala AFC U-23 2020. Pasukan Indra Sjafri akan menghadapi Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam.