Latih Timnas Indonesia Simon McMenemy Tak Butuh Lisensi Kepelatihan AFC Pro

Ramai isu terkait lisensi kepelatihan yang dimiliki oleh Simon Mcmenemy, usai ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Sebelumnya pelatih PSMS Medan Peter Butler menuding bahwa McMenemy tak punya lisensi UEFA Pro. Dimana menurut Butler seorang pelatih timnas harus wajib memiliki lisensi UEFA Pro atau setara dengan AFC Pro.

Hal ini memang dibenarkan oleh Head of Media Relation dan Digital Promotion PSSI, Gatot Widakdo, mengenai penyataan Peter Butler soal lisensi pelatih asal Skotlandia itu. Namun dia juga membela Simon dengan mengatakan bahwa menjadi pelatih timnas tak membutuhkan Lisensi UEFA Pro.

“Jadi, Simon memang belum punya UEFA Pro. Tapi, dia sudah pegang lisensi UEFA A yang setara dengan A AFC. Syarat (menjadi pelatih) timnas minimal A AFC,” kata Gatot dikutip dari Kompas.com.

“Aturan AFC dan AFF tidak ada yang mengharuskan pelatih tim nasional punya Lisensi AFC Pro. Faktanya Simon McMenemy punya AFC A License,” lanjut Gatot.

Melalui CV yang dimiliki oleh mantan pelatih timnas Filipina ini, dirinya telah mengantungi lisensi kepelatihan AFC A dan juga UEFA B pada tahun 2014 lalu.

Dirinya juga telah lebih dulu memiliki lisensi kepelatihan dasar di Inggris yang diterbitkan oleh FA yakni level 1,2 dan 3.

Untuk menjalani kursus kepelatihan UEFA Pro dibutuhkan dana sekitar 7.590 pounds atau sekitar Rp 151 juta pada tahun 2014 lalu.

Pelatih berusia 41 tahun ini sebelumnya sukses membawa Filipina untuk pertama kalinya melaju hingga babak semifinal Piala AFF tahun 2010. Lalu ia juga meraih gelar juara Liga 1 bersama Bhayangkara FC pada tahun 2017 lalu.