Djanur Komentari Desakan Bonek kepada Manajemen Persebaya

Kelompok suporter Persebaya Surabaya, Bonek, mendesak kepada manajemen klub untuk terbuka soal transfer pemain. Awalnya, Bonek merasa kecewa setelah Andik Vermansah (Madura United) dan Evan Dimas (Barito Putera) gagal bergabung.

Bonek kemudian melahirkan “Kesepakatan Bagong” yang memiliki poin utama meminta manajemen mau lebih terbuka. Sebelum kesepakatan itu dibuat, belum ada satu pun nama yang didatangkan Persebaya, termasuk pemain yang diumumkan telah dipertahankan.

Rupanya, kabar ini sudah sampai ke telinga pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman. Pria yang akrab disapa Djanur itu saat ini tengah berada di kediamannya di Bandung, namun berusaha mengikuti perkembangan klubnya.

“Khususnya untuk lokal, saya menilai manajemen sudah berusaha keras. Makanya, saya dengar Pak Azrul Ananda (Presiden Persebaya) mau ngomong soal itu. Itu nanti akan diwakili Pak Azrul, supaya tidak melahirkan simpang siur,” kata Djanur kepada Bola.com.

Setelah kesepakatan itu diumumkan, satu per satu pemain lama Persebaya yang dipertahankan mulai diwartakan. Sejauh ini, manajemen baru merilis tujuh pemain yang dipastikan akan kembali membela tim Bajul Ijo.

Mereka adalah Ruben Sanadi, Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, Rendi Irwan, Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo, dan Otavio Dutra. Ditambah lagi, ada tiga pemain, yaitu Rachmat Irianto, Miswar Saputra, dan M. Hidayat, juga berpeluang bertahan karena memiliki kontrak hingga musim 2019.

Akan tetapi, tiga nama terakhir itu masih belum diumumkan secara resmi oleh manajemen Persebaya. Jika ditotal, seharusnya sudah terdapat 10 pemain yang akan masuk skuat Bajul Ijo untuk musim 2019.

Rencananya, Azrul akan mengajak Bonek untuk bertemu dalam acara bertajuk “Meet the President” pada 6 Januari 2018. Di sana mereka akan berbicara dan menjelaskan terkait pergerakan Persebaya pada bursa transfer.

Djanur menyatakan seluruh nama yang masuk dalam skuat Persebaya adalah pemain yang memang sesuai dengan rencananya.

“Pemain lokal itu akan jadi kerangka kami dan sudah ada dalam rencana. Mungkin baru tujuh, dan total 10 yang disebutkan manajemen Persebaya. Tetapi, dalam catatan saya sudah ada 16 pemain yang dipertahankan. Nanti biar manajemen yang menyampaikan nama-nama pemainnya,” imbuh Djanur.