Satgas Antimafia Buka Peluang Periksa Pertandingan Liga 1

Satuan Tugas Antimafia Sepakbola terus bekerja demi mengungkap praktik pengaturan skor di Indonesia. Sudah ada beberapa orang yang ditangkap Satgas ini terkait praktik kotor yang terjadi di sepakbola nasional.

Temuan paling mengejutkan adalah dua pejabat PSSI, Johar Lin Eng dan Dwi Irianto alias Mbah Putih, ditangkap lantaran terlibat dalam kasus pengaturan skor di Liga 2 dan Liga 3.

Johar dan Mbah Putih dicokok karena adanya laporan dari mantan manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indriyani.

Pihak kepolisian menuturkan, pengungkapan kasus pengaturan skor di Liga 2 dan Liga 3 bagai pintu masuk bagi mereka dalam upaya pemberantasan praktik kotor ini. Diharapkan, dengan diungkapnya kasus ini, polisi melalui Satgas bisa membuka masalah lainnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, tak menutup kemungkinan pihaknya menyelidiki dugaan adanya pengaturan skor di Liga 1.

Hal tersebut bisa dilakukan, bergantung dari fakta hukum dan hasil pemeriksaan terhadap tersangka serta para saksi.

“Tidak menutup kemungkinan (Liga 1 ada dugaan pengaturan skor). Nanti dilihat dari hasil fakta hukum pemeriksaan tersangka dan saksi. Sampai hari ini, kami punya rencana dan agenda siapa saja yang akan diperiksa,” kata Dedi. (ase)