Minta Bantuan, PSSI Undang FIFA Datang Pada Januari 2019

Ramainya kasus pengaturan skor di Liga Indonesia belakangan ini membuat PSSI meminta bantuan kepada FIFA. Federasi sepak bola di Indonesia itu telah mengundang FIFA untuk datang ke Tanah Air pada Januari 2019.

Otoritas tertinggi sepak bola dunia itu diharapkan bisa hadir di Indonesia sebelum kongres tahunan di Bali pada 20 Januari 2019. PSSI ingin FIFA memberikan arahan dan masukan sebelum membentuk Komite Ad Hoc yang akan berperan menyelesaikan kasus pengaturan skor.

“Kami telah mengundang FIFA untuk bisa datang dan memberikan panduan kepada PSSI dalam hal pembentukan Komite Ad Hoc ini, karena Komite Ad Hoc ini bicara tugas, pokok, dan fungsinya seperti apa dan itu bukan hal yang mudah untuk kami lalui dan itu membutuhkan kerja sama dari semua pihak,” ujar Tisha.

“Insya Allah di awal Januari (2019) sebelum kongres (tahunan PSSI), FIFA bisa hadir ke Indonesia untuk mendampingi PSSI, dan saat itu PSSI juga akan mengundang kepolisian Republik Indonesia (RI) karena ini merupakan kerja sama yang menyeluruh,” katanya menambahkan.

PSSI juga berharap agar Komite Ad Hoc yang akan dibentuk dapat bersinergi dengan Satgas Anti Mafia Bola bentukan Polri. Kerja sama kedua belah pihak direncanakan akan meliputi seluruh kegiatan dalam naungan PSSI.

“Untuk lebih lanjutnya mengenai Komite Ad Hoc dan kerja sama antara PSSI dan kepolisian RI, PSSI di awal Januari (2019) harapannya sebelum kongres (tahunan PSSI) ingin mengundang kepolisian RI,” tutur Tisha.

“Secara keamanan nanti bicaranya bukan hanya mengenai pengaturan skor tapi juga pengamanan pertandingan dan penegakan hukum sepak bola lainnya,” imbuhnya.