Juara Liga 1 2018, Persija Jakarta Tetap Pakai Satu Bintang

Setelah sukses meraih gelar juara Liga 1 2018, polemik pemakaian bintang di lambang jersey Persija Jakarta mencuat di media sosial.

Tak sedikit The Jak Mania yang meminta agar manajemen Persija Jakarta tetap hanya menggunakan satu bintang di atas logo.

Hal itu yang membuat Ketua Umum Pengurus Pusat The Jak Mania, Ferry Indrasjarief, langsung berbicara kepada manajemen Persija Jakarta terkait bertambah atau tidaknya bintang di logo Macan Kemayoran.

Pria yang akrab disapa Bung Ferry itu mengatakan bahwa manajemen sudah mengerti dan memastikan akan tetap menggunakan satu bintang di logo ataupun jersey.

Menurut Bung Ferry, polemik satu atau dua bintang itu tidak perlu dipermasalahkan.

Sebab, sampai saat ini dalam regulasi kompetisi sepak bola Indonesia tidak ada peraturan penambahan bintang bila berhasil meraih gelar juara.

Tak bisa dipungkiri, Persija Jakarta menjadi klub yang paling banyak meraih gelar juara di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Sebanyak 11 kali juara sudah diraih oleh pasukan Ibukota tersebut, dimana 9 gelar dipersembahkan pada masa era perserikatan.

“Kenapa saya tidak terlalu mempermasalahkan satu atau dua bintang? Karena tidak ada regulasi yang pasti dari PSSI,” kata Bung Ferry.

“Teman-teman The Jak Mania berharap hanya satu bintang itu kan berkiblat pada Italia. Italia sepuluh kali juara, 1 bintang, di kita kan tak ada aturan seperti itu. Mau Persipura empat bintang, Persib pakai dua bintang, itu hak mereka. Mereka merasa juara, mereka punya pemahaman berbeda, itu hak mereka,” ucap Bung Ferry menambahkan.

Bung Ferry melanjutkan bahwa sebenarnya apparel jersey Specs sudah mencetak baju Persija Jakarta dengan logo dua bintang untuk kompetisi musim 2019.

Pria asal Bandung, Jawa Barat, itu tidak mempermasalahkan itu dan mencoba memberikan masukan kembali kepada Specs.

“Saya sudah sampaikan ke manajemen dan sponsor, kami minta satu bintang. Specs sudah mencetak sekitar 100 jersey dengan dua bintang tapi yang berikutnya mereka janji akan mencetak satu bintang,” kata Bung Ferry.