2 Kiper Arema Kompak Latihan di Pantai

Masa libur kompetisi tak diartikan sebagai libur latihan bagi dua kiper Arema, Utam Rusdiana dan Andrias Francisco. Keduanya justru punya agenda refreshing sekaligus latihan di pantai.

Seharian kemarin, Rabu (19/12/2018), keduanya berada di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang. Di sana Utam dan Ciko (sapaan Andrias Francisco), tak hanya menikmati keindahan pantai, tetapi juga latihan fisik dan menjaga feeling ball.

Mereka memilih latihan di pantai Balekambang karena Arema sudah pernah latihan fisik di sana beberapa tahun lalu.

“Kami latihan berdua. Gantian yang nendang tadi,” kata Ciko.

Keduanya sejak awal musim memang sering ‘mencuri’ start latihan. Kebetulan kedua pemain ini memang menjalani karier di Arema dengan cara sama, promosi dari tim U-19 lalu ke senior.

Kini Utam jadi kiper utama Singo Edan. Sementara Ciko sejak musim lalu magang di tim senior Arema dan sempat masuk pemusatan latihan di Timnas Indonesia U-19.

Sebenarnya, kedua pemain ini bukan berasal dari Malang. Utam dari Sidoarjo, sedangkan Ciko asal Mojokerto. Namun, saat Arema meliburkan latihan hingga 10 Januari 2019, ternyata keduanya tidak lama di kampung halaman karena di Malang lebih banyak tersedia tempat latihan.

Hal itu yang membuat keduanya kembali lebih cepat. Musim depan, Utam masih diproyeksikan jadi kiper inti Arema. Sedangkan Ciko statusnya antara magang atau resmi dikontrak tim senior.

Yang jelas musim depan, Ciko masih bisa diturunkan di Arema U-19. “Saya berharap tentunya bisa dikontrak tim senior. Doakan saja,” imbuh Ciko.

Utam justru malu-malu ketika ditanya aktivitas latihannya selama liburan. Tetapi, dia terlihat sering latihan dengan pelatih kiper Akademi dan Arema U-19.

“Sebenarnya saya pilih latihan diam-diam saja. Tahu-tahu waktu latihan sudah siap. Makanya, jangan banyak diekspose khusus saya,” katanya dengan nada malu.

Musim depan Arema akan menambah satu kiper baru karena kontrak kiper asing Srdan Ostojic tidak diperpanjang.

Manajemen Arema mengaku sudah sepakat dengan kiper baru asal Malang. Namun, identitasnya masih belum dibocorkan ke publik. Saat latihan perdana 10 Januari 2019, kiper baru itu sudah bergabung.

Utam dan Ciko mengaku tidak masalah dengan kehadiran kiper baru di tim Arema karena persaingan jadi hal yang wajar dalam sepak bola.