Besar Harapan Ismed Sofyan Melihat Persija Melangkah Jauh di Liga Champions Asia

Pemain Persija Jakarta, Ismed Sofyan, sepertinya tidak ingin segera puas setelah membantu timnya merengkuh gelar Gojek Liga 1 bersama Bukalapak 2018. Ia berharap Macan Kemayoran akan melanjutkan tren positifnya di Liga Champions Asia.

“Sangat beruntung kami bisa mengikuti kualifikasi untuk tampil di Liga Champions Asia. Semoga kami bisa masuk ke Liga Champions Asia karena jarang klub Indonesia bisa bicara banyak di Liga Champions Asia, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Persija terakhir kali tampil di turnamen serupa pada 2001-2002. Saat itu masih bernama Kejuaraan Klub Asia atau Asian Club Championship.

Dari data yang didapatkan Bola.com, sejak bergulir pada 2002, sudah ada enam klub Indonesia yang tampil di Liga Champions Asia, yaitu PSM Makassar, Persik Kediri, Arema, Persebaya Surabaya, Sriwijaya FC, dan Persipura Jayapura.

Namun, sejak keikutsertaan Arema di Liga Champions Asia 2012, tak ada lagi klub Indonesia yang bisa menembus fase grup kompetisi antarklub paling bergengsi di Asia itu.

Persija akan memulai fase kualifikasi Liga Champions Asia 2019 dengan bertandang ke markas Home United dalam laga penyisihan pertama pada 5 Februari 2019. Jika berhasil meraih kemenangan, satu pekan kemudian Persija akan berlanjut ke penyisihan kedua dan sudah ditunggu klub Australia, Newcastle Jets.

Seandainya Persija masih bisa melaju, klub Jepang, Kashima Antlers, sudah menunggu di fase play-off atau laga terakhir sebelum lolos ke fase grup Liga Champions Asia yang digelar pada 19 Februari 2019.

Tim yang lolos dari play-off akan tergabung dalam Grup E Liga Champions Asia 2019 bersama klub Korea Selatan, Gyeongnam FC, klub Malaysia, Johor Darul Ta’zim, dan satu tim pemenang play-off lainnya.

Satu hal yang menarik, Persija kemungkinan menghadapi Kashima Antler di play-off. Kashima Antler merupakan lawan pada pertandingan pertama di Asian Club Championship 2001-2002. Persija terhenti setelah kalah 1-4 di Kashima.