Arema FC Berburu Penjaga Gawang

Arema FC dipastikan akan mengubah komposisi penjaga gawang mereka untuk musim depan. Hal ini tak lepas dari kemungkinan besar tak akan diperpanjangnya kontrak salah seorang penjaga gawang mereka, Srdjan Ostojic.

Asisten Pelatih Kiper Arema FC, Yanuar Hermansyah, mengaku bahwa timnya saat ini mulai mencari penjaga gawang anyar. Ia menyebut, penjaga gawang anyar tersebut akan melengkapi komposisi penjaga gawang Arema saat ini yang diisi Utam Rusdiana dan Kurniawan Kartika Ajie.

Begal, sapaan karib Yanuar, tak menyebut identitas sosok penjaga gawang yang ia bidik saat ini. Namun, ia membeber kriteria yang diharapkan dari sosok kiper tersebut.

“Utam dan Ajie menunjukkan kemampuan mereka yang mumpuni. Saya nilai, sepeninggal Ostojic, mereka mampu,” ujar Begal, pada Bola.net.

“Saat ini, kami mencari seorang lagi penjaga gawang yang kemampuannya setara dan bisa bersaing dengan Utam dan Ajie,” sambungnya.

Selain itu, Begal menyebut ada kriteria lain yang harus dipenuhi sosok kiper anyar Arema. Menurut pelatih berusia 54 tahun ini, kandidat kiper anyar ini adalah sosok yang masih bisa dikembangkan lagi.

“Kalau saat ini mencari yang sudah matang kan sulit. Kiper yang sudah matang sekarang rata-rata telah punya klub,” ucapnya.

Begal pun mengaku perburuan timnya akan dibatasi pada sosok penjaga gawang lokal. Arema, sambungnya, hampir bisa dipastikan tak akan lagi mencari sosok penjaga gawang asing, seperti Ostojic.

“Nggak ada kemungkinan kami cari kiper asing,” tutur Begal.

“Lebih baik kami cari lokal. Mungkin trauma,” sambungnya.

Begal tak menutup mata ada sejumlah penjaga gawang asing yang tampil ciamik kala bermain di kompetisi Indonesia. Namun, ia mengaku masih percaya kemampuan kiper lokal tak kalah dengan kiper asing.

“Saya rasa, kiper lokal pun bisa seperti mereka,” kata Begal.

Lebih lanjut, di antara penjaga gawang Arema, Begal menilai Utam Rusdiana sudah layak jadi kiper utama. Menurutnya, mental pemain berusia 24 tahun ini sudah matang dan kian kuat.

“Untuk skill, kemampuannya tak bisa dipandang remeh,” Begal menegaskan.

“Terlebih lagi, seiring banyaknya kesempatan bermain, kemampuannya semakin terasah,” tandasnya.