Bebas Cedera, Kim Jeffrey Kurniawan Optimistis Tatap Musim 2019

Gelandang Persib Bandung Kim Jeffrey Kurniawan baru pulih usai menderita cedera serius pada akhir kompetisi 2017. Hasilnya, di musim 2018 ini, gelandang berdarah Jerman ini harus rela kehilangan menit bermain.

Kim mengalami patah tulang fibula pada kaki kiri. Namun, saat ini kondisi Kim sudah pulih 100 persen dan kembali memperkuat Persib.

“Kalau musim ini sebenarnya fokusnya ke pemulihan, jadi sebenarnya saya senang akhirnya 100 persen sembuh. Tidak ada bekas yang saya benar-benar seperti sebelum cedera. Untuk musim berikutnya saya siap,” kata Kim ketika ditemui di Stadion Si Jalak Harupat, belum lama ini.

Di musim ini, pemain berusia 28 tahun itu baru memperkuat Persib di empat pertandingan. Dia menghadapi Borneo FC, Bali United, Perseru Serui, dan Persela Lamongan.

Kim mengaku tidak masalah dengan minimnya jumlah pertandingan musim ini. Sebab, kata dia, tidak mudah untuk bisa mengembalikan kualitas terbaiknya di lapangan mengingat proses penyembuhan kondisi cederanya berlangsung lama.

“Saya sendiri sadar kalau secara permainan masih jauh dari puncak performa. Tapi dalam sepak bola, hampir satu tahun tidak main mustahil langsung bagus seperti sebelumnya. Di luar negeri saja butuh beberapa bulan untuk kembali lagi. Makanya saya bilang ini sebagai ajang pemansaan untuk musim depan,” bebernya.

Kim berharap, musim 2019 nanti akan kembali pada performa terbaiknya di lapangan serta memberi kontribusi positif bagi Persib.

“Saya senang setiap kali latihan dan pertandingan dapat menit bermain karena itu untuk mendapatkan perasan kemali normal. Mudah-mudahan di awal musim depan bisa kembali lagi,” ujarnya.