Liga 3: Peta Persaingan 8 Besar Grup Barat Sudah Transparan

Empat tim yang tergabung di Grup Barat babak 8 Besar Liga 3 2018 akan berebut tiga jatah promosi ke Liga 2 2019. Tuan rumah PSGC akan menjamu PSCS Cilacap, Bogor FC, dan Persiba Bantul di Stadion Galuh, Ciamis, 16-22 Desember 2018.

Peta persaingan di antara keempat tim ini sudah transparan karena mereka pernah bertemu baik pada sesi uji coba maupun laga fase penyisihan grup Liga 3.

Lantaran saling tahu dan satu di antara tim pernah dikalahkan rival lainnya, babak ini akan jadi ajang pembalasan. Semisal, PSGC ditumbangkan Bogor FC 0-2 pada penyisihan tingkat nasional zona Jabar. Ketika itu Bogor FC bertindak sebagai tuan rumah. Kini giliran PSGC jadi tuan rumah bagi anak didik Jan Saragih.

“Kami belum tahu jadwalnya, kapan bertemu Bogor FC. Pertandingan nanti akan sengit karena kami ingin membalas kekalahan lalu,” ujar Erwan Darmawan, manajer PSGC.

Laskar Galuh, julukan PSGC, ingin mengungguli PSCS yang pernah mereka tahan 1-1 pada uji coba di Cilacap, sementara Persiba Bantul juga sedang digelayuti rasa penasaran terhadap PSCS.

Pasalnya, dua kali laga persahabatan anak asuh Suwandi HS itu mampu ditekuk pasukan Jaya Hartono 1-0 saat laga tandang dan kandang.

“Saya akui PSCS tim bagus. Sosok Jaya Hartono punya peran sentral. Tapi, saya akan adu strategi dengan dia. Saya paham pola main yang diterapkan Jaya Hartono,” kata Suwandi HS, yang pernah jadi asisten Jaya Hartono di Persepam.

Partai Persiba kontra Bogor FC diprediksi bakal seru. Saat babak 16 besar, kedua tim bermain dengan skor 1-1. “Kami akan buktikan bisa mengalahkan Bogor FC. Di babak 16 besar, mereka tuan rumah. Nah, sekarang kami bertemu di tempat netral,” tutur Suwandi HS.

Tampaknya PSCS yang bakal jadi musuh bersama bagi ketiga klub tersebut. Hal itu lantaran dalam uji coba sebelum pergelaran Liga 3 musim ini, Jimi Suparno dkk. mengungguli ketiganya.

“Inilah beban dan ujian kami sesungguhnya. Kami main di luar kandang dan ketiga klub tersebut pernah kami kalahkan. Tapi, saya sudah siapkan strategi berbeda dari ujicoba lalu,” kata Jaya Hartono, pelatih PSCS.