Tampil Apik, Kiper Muda PSM Makassar Layak Dipanggil Timnas U-22?

Kiper muda PSM Makassar Hilman Syah kembali tampil apik saat melawan Bhayangkara FC. Tak sedikit peluang emas tuan rumah berhasil digagalkan oleh kiper kelahiran 24 April 1997 ini.

Hilman yang dipercaya turun sejak menit awal sekaligus memarkir kiper utama PSM, Rivky Mokodompit, berhasil clean sheet. Ia juga tercatat beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang.

Salah satunya ketika berhasil melakukan triple saves di pertengahan babak kedua di mana, Hilman sukses mengagalkan peluang emas Herman Dzumafo.

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts tampaknya mulai memberikan kepercayaan penuh kepada Hilman. 

“Dia adalah talenta muda PSM. Kami sudah ketahui dan kami sudah memainkannya di Piala Presiden. Saat itu kami satu-satunya klub yang memainkan kiper U-19,” kata Robert memuji kiper kelahiran Jeneponto, Sulsel tersebut.

Hilman juga tampil gemilang saat Juku Eja menjamu Bali United pekan ke-32 Liga 1 Indonesia 2018. Hilman bahkan diganjar menjadi man of the match pada laga tersebut.

Robert percaya jika Hilman adalah salah satu talenta muda kiper berdarah Indonesia.

“Tapi saya masih heran kenapa tidak ada orang-orang yang perhatikan dia,” ujarnya.

Hilman sejatinya merupakan kiper keempat di skuat Juku Eja musim ini. PSM masih memiliki tiga kiper senior lainnya, seperti Imam Fadillah, Syaiful Syamsuddin dan Rivky.

Layak dicoba Timnas U-22?
Ya, perlu diketahui bahwa Timnas Indonesia U-22 bakal melakoni kompetisi Piala AFF U-22 2019 di Kamboja, Februari-Maret mendatang.

Apakah Hilman Syah layak dipanggil Timnas untuk mengikuti seleksi. Tentu saja, tidak ada salahnya memanggil kiper berusia 21 tahun tersebut untuk bersaing dengan nama-nama seperti Satria Tama, Nadeo Argawinata dan M Riyandi yang usianya juga di bawah 22 tahun.

Terkait hal itu pelatih Kiper PSM, Herman Kadiaman mengaku belum terlalu memikirkan. Namun ia percaya dan yakin bahwa Hilman bisa bersaing.

“Saya tidak mau terlalu bicara jauh sampai ke sana. Tapi semua itu bisa terjadi yang penting dia tetap mempertahankan penampilannya,” ujar Herman, Selasa (27/11/18) lalu.