Minangkabau Cup Diramaikan 160 Tim Kontestan

Turnamen sepakbola “Minangkabau Cup” diramaikan 160 tim. Kejuaraan berlangsung mulai 15 Desember 2018 sampai 23 Maret 2019.

Minangkabau Cup berlangsung dua tahun terakhir dan sudah memecahkan rekor MURI sebagai ajang tingkat daerah dengan jumlah pemain terbanyak.

“Sudah ada 160 tim sepakbola yang akan ikut Minangkabau Cup tahun ini,” kata Ketua Umum Minangkabau Cup, Tria Suprajeni, kepada detikSport, Senin (3/12/2018).

Menurut Tria sebanyak 160 tim itu berasal dari 19 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat. Pemain yang terlibat merupakan pemain U-23.

Turnamen itu untuk mencari bibit berbakat dan potensial itu memperebutkan piala bergilir Gubernur Sumatera Barat dengan hadiah ratusan juta rupiah.

Juara akan memperoleh Rp 50 juta, runner-up, dan peringkat ketiga masing-masing diganjar Rp 25 juta dan Rp 10 juta rupiah. Panitia juga menyediakan hadiah jutaan rupiah kepada pemain terbaik, topskorer, kiper terbaik, dan assist terbaik.

Terpisah, Sekretaris Pelaksana, Nofi Sastera, menjelaskan, turnamen sudah dirilis Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, pada Sabtu (1/12/2018) dan akan dibuka secara resmi oleh Menpora Imam Nahrawi saat pertandingan perdana, Sabtu (15/12).

“Selama turnamen akan ada 325 pertandingan,” kata Nofi.

Dengan memakai skema layaknya Piala Dunia, pada babak penyisihan, setiap kabupaten dan kota akan menggelar turnamen setengah kompetisi. Mereka akan bersaing di daerah masing-masing untuk memperebutkan kesempatan mewakili kota dan kabupaten asal mereka di babak 32 besar.

Setiap kota dan kabupaten akan diberikan kuota berapa banyak tin yang dapat berlaga di babak 32 besar. Misalnya, Kota Padang yang memiliki 14 kecamatan akan diberikan kuota sebanyak dua tim. Sementara. kota dan kabupaten lain diberikan kuota tim yang lolos sesuai jumlah kecamatan.