Syarat Mitra Kukar Bertahan di Liga 1

Lima tim terbawah di klasemen sementara, yakni Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Perseru, PS Tira, dan PSMS Medan memiliki peluang sama untuk bertahan atau terdegradasi dari Gojek Liga 1 bersama Bukalapak.

Khusus Mitra Kukar, perjuangan untuk tetap berkiprah di Liga musim depan cukup berat.

Meski empat tim papan bawah lain juga melakoni laga tandang pada pekan terakhir Liga 1 2018 (pekan ke-34), Minggu (9/12/2018), perjuangan tim Naga Mekes dianggap paling berat karena anak asuh Rahmad Darmawan itu harus menantang Persija yang telah menyiapkan pesta juara di SUGBK, Jakarta.

Meski begitu, Bayu Pradana dkk. tetap punya kans bertahan di Liga 1. Berikut syarat Mitra Kukar eksis di kasta tertinggi kompetisi Indonesia.

Saat ini Mitra Kukar mengantongi poin 39, sama milik Sriwijaya FC, Perseru, dan PS Tira. Klub yang bermarkas di Tenggarong itu, bila kalah atau seri atas Persija, berharap tiga tiga rival lainnya juga meraih hasil sama pada pekan ke-34. Dengan begitu, keempat tim itu akan mempunyai poin sama di klasemen akhir Liga 1.

Namun, Mitra Kukar akan tertolong sistem head to head yang diterapkan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru. Pasalnya, Naga Mekes memiliki catatan bagus atas empat tim sekaligus, yakni Sriwijaya FC, Perseru, PS Tira, dan PSMS.

Head to head pertemuan dua tim jadi pertimbangan pertama PT Liga Indonesia Baru untuk menentukan posisi sebuah tim di klasemen. Setelah itu, penentuan berdasar produktivitas gol tim tersebut secara global.

Rapor Head to Head Mitra Kukar

Mitra Kukar vs Sriwijaya FC 1-3 (T)/3-0 (K)

Mitra Kukar vs PS Tira 1-0 (K)/0-0 (T)

Mitra Kukar vs PSMS 3-1 (T)/1-0 (K)

Mitra Kukar vs Perseru 1-3 (T)/2-0 (K)