Hadapi Liga 1, PSS Pertahankan 70 Persen Pemain

Setelah memastikan diri promosi ke Liga 1 musim 2019, PSS Sleman langsung ancang-ancang mempersiapkan diri menghadapi kerasnya persaingan di level tertinggi.

Langkah pertama yang akan dilakukan manajemen PSS Sleman adalah memetakan materi pemain yang bisa dipertahankan musim depan. Klub kebanggaan BCS dan Slemania ini memiliki kedalaman skuat yang menjanjikan. Performa PSS selama mengarungi kompetisi Liga 2 musim ini cukup oke.

Di starting eleven, PSS memiliki sederet pemain yang disebut-sebut layak untuk kompetisi Liga 1, seperti kiper Ega Rizki, duet stoper Ikhwan Ciptadi dan Asyraq Gufron. Pemain lincah Rangga Muslim serta si spesialis pembawa tim promosi, Rifal Lastori, dan ujung tombak maut Cristian Gonzales.

Nama-nama tersebut punya peluang kembali memperkuat Laskar Sembada di kerasnya kompetisi Liga 1 2019. Manajemen PSS mengklaim sekitar 60 sampai 70 materi pemain di Liga 2 musim ini masih layak dipertahankan.

“Pemain yang ada saat ini merupakan pondasi, kemudian diserahkan ke pelatih kepala nantinya. Memang semua pemain kami masih layak. Namun mengingat ketatnya persaingan di Liga 1, sekitar 60-70 persen yang bisa kami pertahankan,” terang wakil manajer PSS Sleman, Dewanto Rahadmoyo, Jumat (30/11/2018).

Sementara untuk slot pemain asing, manajemen PSS belum memikirkan hingga sejauh itu. Satu nama yang tengah dikait-kaitkan dengan PSS Sleman adalah pemain asal Belanda, Kristian Adelmund. Mantan pemain Persepam Madura itu mengaku tertarik kembali ke PSS yang pernah melambungkan namanya.

Bahkan Adelmund secara khusus menyempatkan diri merayakan kesuksesan PSS Sleman promosi ke Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (28/11/2018). “Pemain asing terus terang belum ada gambaran. Untuk Adelmund memang karena keinginan dia sendiri, yang begitu menyukai PSS. Lihat saja nanti perkembangannya,” imbuh Dewanto.