Ini Program Prioritas Robert Alberts Jika Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Robert Rene Alberts membeber rencananya jika memang nantinya dipercaya menangani Timnas Indonesia. Pelatih asal Belanda ini mengaku bakal menyusun program Skuat Garuda, julukan Timnas Indonesia, selayaknya tim-tim nasional lain di seluruh penjuru dunia.

“Jika memang nantinya terpilih ke Timnas Indonesia, rencana pertama saya adalah mensiknronkan program-program dengan kalender FIFA,” ujar Robert, pada Bola.net.

“Ini seperti yang lazim dilakukan tim-tim nasional lain di dunia. Hal ini juga harus dilakukan agar tak ada konflik,” sambung pelatih yang saat ini menangani PSM Makassar tersebut.

Menurut Robert, FIFA selalu mengeluarkan kalender agenda mereka selama setahun. Yang harus dilakukan, sambung pelatih berusia 64 tahun ini, adalah mengikuti jadwal tersebut.

“Yang pasti, saya tak akan mengambil pemain dari tim ketika liga atau turnamen berjalan,” tuturnya.

“Saya justru akan memilih pemain-pemain ke timnas berdasar dari kondisinya di tim. Saya rasa ini hal jamak terjadi di belahan dunia mana pun,” Robert menambahkan.

Lebih lanjut, Robert mengaku tak anti dengan pemusatan latihan (TC) jangka panjang, yang kerap dilakukan pelatih Timnas Indonesia untuk menyiapkan tim. Namun, menurut pelatih yang pernah membawa Arema Indonesia menjuarai kompetisi Indonesia Super League ini menegaskan tetap akan menggelar TC jangka panjang tersebut sesuai kalender FIFA.

“Saya rasa, bisa saja menggelar TC jangka panjang jika memang sesuai dengan kalender FIFA. Tim-tim lain, seperti Malaysia, biasanya menggelar TC setelah kompetisi usai,” tandasnya.

Sebelumnya, nama Robert disebut-sebut sebagai salah satu kandidat pelatih Timnas Indonesia, menggantikan Bima Sakti. Bima sendiri kemungkinan besar tak akan diperpanjang kontraknya karena dinilai gagal meraih target pada ajang Piala AFF 2018 lalu.

Masuknya nama Robert sebagai salah satu kandidat tersebut tak lepas dari kepiawaiannya membawa Laskar Juku Eja memuncaki klasemen sementara Gojek Liga 1 musim 2018 ini. Selain Robert, nama lain yang disebut sebagai kandidat pelatih Timnas Indonesia adalah Simon McMenemy, Pelatih Bhayangkara FC, yang musim lalu membawa timnya juara kompetisi musim lalu dan Stefano Cugurra Teco, pelatih Persija Jakarta yang saat ini menjadi saingan ketat PSM dalam menjuarai Liga 1 musim 2018.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*