PSM dan Persija Amankan Jatah AFC, Posisi Ketiga Masih Jadi Rebutan

Seperti halnya musim lalu, Indonesia akan memiliki maksimal tiga wakil di kompetisi AFC, dua di antaranya sudah bisa dipastikan keikutsertaannya. Dua posisi tersebut sudah diamankan PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Kedua tim masih bersaing ketat untuk menjadi juara Liga 2018. Sementara satu posisi lagi, masih bisa diperebutkan klub peringkat ketiga hingga ke delapan dalam klasemen sementara Gojek Liga 1 bersama Bukalapak.

Tiga wakil Indonesia di kompetisi AFC 2019 terbagi menjadi satu wakil di kualifikasi Liga Champions Asia. Slot ini menjadi jatah juara Liga 1 2018, dan dua tim di Piala AFC, yang jadi jatah tim peringkat kedua dan ketiga di klasemen akhir Liga 1 2018.

Tim peringkat kedua Liga 1 2018 otomatis tampil di fase grup Piala AFC 2019, sementara peringkat ketiga Liga 1 2018 masih akan menunggu nasib klub wakil Indonesia di kualifikasi Liga Champions Asia 2019, apakah mampu lolos ke putaran final atau gugur dan terbuang ke Piala AFC 2019.

Jika klub itu terbuang, otomatis Indonesia hanya akan memiliki dua wakil yang berlaga di Piala AFC 2019. Dua posisi tersebut sebenarnya sudah diamankan PSM Makassar dan Persija Jakarta, yang sudah tidak mungkin tergeser lagi ke peringkat ketiga.

Masih dalam persaingan menuju juara Liga 1 2018 dengan menyisakan dua pertandingan terakhir, PSM dan Persija harus memastikan siapa yang terbaik pada 9 Desember 2018 nanti. Tim yang berada di puncak klasemen pada tanggal itu, akan masuk dalam slot kualifikasi Liga Champions Asia 2019.

Tim juara Liga 1 2018 sudah ditunggu wakil Singapura, Home United, untuk bertanding di fase penyisihan babak pertama pada 5 Februari 2019. Tim yang menang akan melaju ke penyisihan kedua dan sudah ditunggu oleh klub Australia, Newcastle Jets. Sementara yang kalah akan langsung turun ke Piala AFC 2019.

Satu tempat yang pasti akan menjadi milik runner-up Liga 1 2018, PSM atau Persija. Satu di antara keduanya, akan langsung ditempatkan di Grup H bersama Home United yang juga masih punya potensi ke Liga Champions Asia, klub Filipina, Kaya-Iloilo, dan Lao Toyota dari Laos.

PSM dan Persija sudah mempersiapkan dengan baik keikutsertaan mereka di kompetisi AFC. Kedua tim sudah sama-sama dipastikan mendapatkan lisensi klub AFC dan telah memasukkan stadion yang akan mereka gunakan untuk tampil di kompetisi AFC.

PSM telah memasukkan Stadion Pakansari, Cibinong, sebagai kandang, sementara Persija memasukkan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, untuk menggelar laga kandang mereka di level Asia.

Posisi Menunggu yang Masih Diperebutkan
Jika juara Liga 1 2018 berhasil melangkah jauh di fase kualifikasi Liga Champions Asia 2019 hingga akhirnya menembus putaran final, peringkat ketiga di Liga 1 2018 akan mengikuti Piala AFC 2019 dengan menempati Grup G.

Posisi tersebut hingga saat ini masih disediakan untuk juara Liga 1 2018, seandainya gagal melangkah jauh di kualifikasi Liga Champions Asia. Namun, siapa pun wakil Indonesia yang akan berada di grup tersebut, akan berhadapan dengan klub Filipina, Ceres Negros, Becamex Binh Duong (klub Vietnam), dan wakil dari Myanmar, Shan United.

Namun, slot tim ketiga dari Indonesia untuk tampil di Piala AFC 2019 masih diperebutkan enam klub yang bersaing di Liga 1 2018. Persib Bandung, tim yang paling berpotensi berada di daftar tunggu tersebut, karena saat ini berada di peringkat ketiga dengan hanya unggul satu poin dari Bhayangkara FC yang berada di posisi keempat.

Yang menarik, bukan hanya Persib dan Bhayangkara FC yang masih memiliki peluang untuk berada di posisi tersebut.

Dengan berasumsi tim-tim yang memiliki peluang bisa mengambil poin maksimal di dua laga terakhir mereka, Borneo FC, Persebaya Surabaya, Bali United, dan Madura United juga masih punya peluang.

Meski dipastikan tak semua klub bisa meraih poin maksimal dalam dua laga terakhir mereka, mengingat ada laga di mana kedua tim di perebutan ini yang masih akan berhadapan seperti Bhayangkara FC dan Bali United, tampaknya justru perebutan tempat ketiga di Liga 1 2018 adalah yang menarik saat ini.

Tentu saja persaingan itu akan menjadi antiklimaks ketika juara Liga 1 2018 gagal melangkah ke fase grup Liga Champions Asia 2019 dan harus turun ke Piala AFC 2019.

Namun, saat ini motivasi tim-tim yang berada dalam persaingan tersebut adalah berusaha maksimal dalam dua laga terakhir mereka di Liga 1 2018 demi menyelesaikan musim ini dengan cara yang terbaik.