Seri Nasional Liga Desa Nusantara 2018 Mulai Bergulir di Tangerang

Seri nasional Liga Desa Nusantara 2018 mulai digelar, Rabu (28/11/2018). Pertandingan hari pertama itu dimainkan di tiga lapangan, yakni Cijantra, Persimura, dan Bonex, Tangerang.

Baru hari pertama, namun persaingan sudah ketat. Semua kontestan yang bermain langsung tancap gas mencari kemenangan. Kualitas tim peserta juga merata sehingga pertandingan berjalan alot, berujung skor dengan selisih gol tipis.

Tuan rumah Banten yang diwakili tim dari Desa Cukanggalih, berhasil mengalahkan tim dari Sumatra Barat, Nagari Bawan, dengan skor 2-0.

Seri nasional Liga Desa Nusantara 2018 diikuti 12 tim juara mewakili provinsi masing-masing.

Tahun ini Liga Desa Nusantara diselenggarakan di 12 provinsi, yaitu Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Kalimantan Timur, dan NTT.

Tim juara merupakan hasil perjuangan sejak seri kabupaten, ke seri provinsi. Pemenang provinsi lantas lolos ke seri nasional.

Sebanyak 12 tim di seri nasional dibagi ke dalam tiga grup. Nantinya juara grup dan satu peringkat kedua terbaik akan lolos ke semifinal. Semifinal diselenggarakan pada Jumat (30/11/2018) dan partai final digelar pada Jumat sore hari.

Liga Desa Nusantara tahun ini dibuka secara resmi pada Selasa (27/11/2018), yang dihadiri Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, dan Dirjen PPMD Kemendesa PDTT, Taufik Madjid.

Liga Desa Nusantara merupakan kompetisi yang diselenggarakan Kemendesa PDTT untuk pemain U-20. Tahun ini merupakan musim kedua. Musim lalu, Liga Desa Nusantara diselenggarakan di dua provinsi, yaitu Banten dan Jawa Barat, dengan jumlah kontestan seri nasional sebanyak 16 tim.

Ahmed Zaki Iskandar mengaku bangga daerahnya mendapat kepercayaan Kemendesa PDTT sebagai tuan rumah seri nasional Liga Desa Nasional.

“Tahun ini sepak bola Kabupaten Tangerang sedang bergairah, setelah kebangkitan Persita lolos ke empat besar Liga 2 2018. Dengan hadirnya Liga Desa di sini, persepakbolaan Tangerang sekarang menjadi kian bergairah,” ujar Ahmed Zaki Iskandar.

Dirjen PPMD, Taufik Madjid, menambahkan, penyelenggaraan Liga Desa Nusantara merupakan instruksi Presiden RI Joko Widodo. Hal itu terkait dengan program membangun Indonesia dari pinggiran.

“Karena itu Kemendesa memiliki program Raga Desa, untuk meningkatkan gairah ekonomi pedesaan melalui olahraga,” imbuh Taufik Madjid.