Bermodal Tutorial di Dunia Maya, Gelandang Muda Arema Jadi Produsen Gel Rambut

Profesi sebagai pesepak bola profesional seperti yang dijalani gelandang muda Arema, Jayus Hariono, memang berat. Setiap hari mereka mandi keringat untuk latihan maupun pertandingan.

Tetapi, di balik itu, pesepak bola juga punya banyak waktu senggang karena mereka bekerja sehari rata-rata dua jam saja.

Waktu senggang itu yang dimanfaatkan beberapa pemain untuk merintis usaha lain. Seperti yang dilakukan Jayus. Ia enggan membuang waktunya dengan percuma.

Dalam dua bulan terakhir, Jayus membuat sebuah produk sendiri, yakni minyak atau gel rambut dengan merek Mohex. Hasil karya itu sudah tersedia di beberapa barbershop daerah Kepanjen, Kabupaten Malang.

“Baru buat sekitar dua bulan terakhir ini. Saya sendiri yang bikin. Belajar dari tutorial di Youtube,” kata pemain 21 tahun tersebut.

Lantaran tidak memiliki pengalaman sebelumnya, dia lebih dulu membuat percobaan sendiri. Saat tahap uji coba, dia sempat beberapa kali membuang campuran bahan karena gagal.

“Sebenarnya tidak sulit kok membuatnya. Hanya butuh beberapa bahan kimia, aroma, dan lainnya. Bisa dilihat sendiri di Youtube. Tapi, saya sempat gagal karena takaran komposisinya kurang pas. Jadi, hasilnya terlalu keras dan tak bisa mennempel di rambut,” tuturnya.

Setelah beberapa kali melakukan percobaan, Jayus berhasil memiliki gel rambut sendiri. Namun, sebelum menjualnya, dia lebih dulu memberikan sampel produknya kepada beberapa rekannya termasuk seniornya di Arema, Ahmad Alfarizi.

“Waktu awal-awal masih ada kekurangannya. Saya mau ambil gelnya memakai jari, tapi tak bisa karena terlalu keras,” timpal Alfarizi.

Tetapi sekarang, gel rambut buatannya sudah sempurna. Jayus juga bisa memberikan beragam aroma untuk gelnya tersebut.

“Sekarang lumayan laku. Tapi, saya buatnya tidak setiap hari. Hanya saat stok di beberapa berbershop habis saja. Tak sulit kok membuatnya. Setelah mencampurkan bahan lalu dituang di kemasan dan diberi label,” jelas Jayus.

Jayus masih mau terjun untuk membuat gel rambut di tengah namanya yang sedang melambung di Arema. Dalam beberapa pertandingan di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, dia sudah masuk skuat inti Singo Edan. “Tak ada yang berubah kalau di luar lapangan. Masih turun tangan bikin gel rambut juga,” imbuhnya.