Timnas Indonesia Raih Tim Paling ‘Fair-Play’ Piala AFF Sepakbola Pantai 2018

Tim nasional (timnas) Indonesia harus puas hanya menempati posisi keempat di Piala AFF Sepakbola Pantai 2018. Itu setelah, pada laga terakhir mereka ditaklukkan Malaysia dengan skor 2-1, di Pantai Tanjung Benoa, Bali, Sabtu (24/11).

Kemenangan ini otomatis membuat Malaysia menempati peringkat ketiga turnamen. Dua gol kemenangan Malaysia dicetak oleh Mohd Riduwan pada menit ke-20 dan Mohd Hasrol Ali (33′). Sementara satu gol Indonesia dilesakkan Ketut Sudiartawan.

Selain menempati posisi keempat, Indonesia juga dinobatkan sebagai tim yang paling fair-play di turnamen ini. Itu melihat dari jumlah kartu yang mereka dapatkan sepanjang event berlangsung.

Pelatih timnas Indonesia, Nyoman Mahayasa, tetap mengapresiasi skuatnya yang telah berjuang keras di turnamen ini. Menurutnya, para pemain skuat Garuda sudah bermain sangat maksimal.

“Saya juga lihat para penonton terhibur. Tapi memang dewi fortuna belum menaungi. Kami banyak sekali peluang yang harusnya membuat kami menang,” ucap Nyoman, seperti dikutip laman resmi PSSI.

“Terlepas dari hasil, saya antusias dengan adanya turnamen ini, masyarakat akan lebih suka dan menseriusi sepakbola pantai. Semoga kita bisa bersama-sama membesarkannya karena Indonesia punya potensi,” tambahnya.

Sementara itu, Vietnam sukses keluar sebagai juara ajang ini. Itu lantaran mereka berhasil menundukkan Thailand pada partai final dengan skor 6-4.

Tak ayal, prestasi ini disambut gembira pelatih Vietnam, Le Van Tu. “Kami memang kalah besar saat bertemu Thailand di fase grup, tapi di final kami datang dengan mempersiapkan segalanya dengan matang. Hasilnya, kita bisa lihat sendiri. Saya senang dengan kerja keras dan kepercayaan diri pemain,” ujar Le Van Tu.