Barito Putera Lepas Bagas dan Bagus Berlatih di Inggris Selama 6 Bulan

Manajemen Barito Putera sangat serius melakukan pembinaan pemain usia muda. Langkah strategis dilakukan dengan merekrut si kembar bintang Timnas Indonesia U-16, Bagus Kaffi dan Bagas Kaffa, jadi tulang punggung Barito Putera U-16.

“Keseriusan kami tunjukkan dengan silaturahmi langsung ke orang tua Bagus dan Bagas. Di pertemuan itu, kami paparkan semua program akademi Sehingga wali pemain yakin melepas anak-anak mereka ke Barito Putera,” ungkap Mundari Karya, Direktur Akademi Barito Putera.

Fasilitas yang ditawarkan Barito Putera mulai pendidikan formal, kesehatan, hingga jenjang karier sepak bola mereka.

“Karena usia mereka belum memenuhi syarat secara hukum formal, jadi tak dikontrak seperti pemain profesional. Tapi, kami siap beri jaminan masa depan pendidikan dan karier. Soal uang saku, saya tak tahu. Itu urusan bos Barito dengan orang tua pemain,” ujar Mundari.

Mantan pelatih Pelita Jaya itu menambahkan, Desember mendatang, Bagus dan Bagas beserta tiga pemain Barito Putera U-16 lainnya akan menimba ilmu di Akademi Chelsea di Inggris selama enam bulan.

“Kelima pemain kami lolos ke Inggris, setelah diseleksi langsung Dennis Wise, mantan bintang Chelsea dan Timnas Inggris. Ini juga bentuk komitmen kami dengan orang tua pemain soal karier sepak bola mereka,” tutur Mundari.

Selain Bagus-Bagas, ada tiga eks Timnas Indonesia U-16 yang bergabung di Barito Putera. Mereka adalah Yuda Febrianto, Alif Zailani, dan Dandi Maulana.

“Semua eks Timnas U-16 yang ada di Barito akan berangkat ke Inggris. Ilmu mereka akan berguna bagi Barito Putera dan Timnas Indonesia mendatang,” jelasnya.