Peran Penting Timnas Indonesia Setelah Tersingkir dari Piala AFF 2018

Duel Timnas Indonesia melawan Filipina pada laga terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018), memang tak berarti lagi bagi Tim Garuda.

Namun, Timnas Indonesia bisa jadi penentu nasib tiga tim sekaligus, yakni Filipina, Thailand, dan Singapura untuk melangkah ke semifinal Piala AFF 2018.

Di daftar klasemen sementara Grup B, Thailand memimpin dengan poin tujuh, disusul Filipina yang punya poin sama, berikutnya Singapura di urutan ketiga dengan poin enam.

Pada laga terakhir, selain Timnas Indonesia kontra Filipina, pada saat sama Thailand menjamu Singapura. Dari Grup B belum ada yang memastikan tiket ke semifinal.

Singapura harus mengalahkan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, jika ingin masuk fase berikutnya. Sementara Thailand cukup memaksakan hasil imbang untuk memantapkan posisi.

Kembali ke duel Indonesia versus Filipina, pasukan Sven-Goran Eriksson lebih berkepentingan dengan partai ini. Jika Indonesia menang dan Singapura menundukkan Thailand, anak asuh Fandi Ahmad dan Thailand yang mewakili Grup B ke semifinal.

Sebaliknya, jika Filipina mempermalukan Evan Dimas dkk., dan Singapura menang, Thailand akan gigit jari. Bila kedua pertandingan berakhir imbang, Thailand dan Singapura bergandengan tangan ke semifinal.

“Sekarang tergantung apa target Timnas Indonesia. Kita menjaga harga diri dengan meraih kemenangan atau Filipina yang lebih ambisi menang. Bagaimana pun, posisi Indonesia tetap strategis dan menentukan nasib tiga tim lainnya,” tutur Hanafi, mantan pelatih Persegres GU dan Perseru Serui itu mengomentari “peran” Timnas Indonesia kendati sudah tersingkir dari Piala AFF 2018.