Soler Bantah Tuduh Pemainnya Terlibat Suap dan Pengaturan Skor

Penerjemah sekaligus asisten pelatih Persib Bandung, Fernando Soler, membantah menjadi orang yang berada di balik tuduhan terhadap Supardi, Ardi Idrus, Hariono, dan Ghozali Siregar, terlibat suap dan pengaturan skor di timnya.

Fernando Soler menegaskan tuduhan tersebut bukan berasal dari dirinya.

“Kalau ada di sini, kami (staf pelatih) harus lebih tahu daripada mereka tapi sampai sekarang tidak ada (tuduhan suap dan pengaturan skor),” kata Fernando Soler di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (20/11/2018).

Fernando Soler membantah adanya tuduhan suap dan pengaturan skor terhadap empat pemain Persib Bandung ketika tim kesayangan bobotoh itu kalah 0-1 dari PSMS Medan.

Sebelumnya, di media sosial, beredar isu Fernando Soler dan pelatih Roberto Carlos Mario Gomez menuding beberapa pemain Persib Bandung terlibat kasus suap dan pengaturan skor.

“Kami kalah ya kalah, menang ya menang, draw ya draw. Itu lah sepak bola. Jangan bicara (soal tuduhan suap dan terlibat pengaturan skor), silakan dari mana mereka tahu itu, tapi ini tidak ada,” kata Fernando Soler.

Ketika disinggung kabar tak sedap itu berawal dari unggahan di media sosial, termasuk Instagram dan namanya kerap disebut, Fernando Soler mengaku tidak memiliki Instagram. Ia pun mengaku tak mengikuti isu di media sosial.

“Ada orang yang suka dan ada orang tidak suka, saya tahu dari mana itu. Biar saja, kami fokus di lapangan serta kondisi tim hari,” ujarnya.

Ia pun mengaku tak peduli soal unggahan-unggahan orang di Instragram termasuk jika menyebut namanya. Fernando Soler justru ingin melihat dari sisi positif.

“(Itu berarti) Nama saya ada, masih diingat. Ya, saya selalu bersih dan kerja profesional di mana-mana. Jadi orang masih ingat saya,” kata dia.

Fernando Soler mengaku tidak khawatir dengan adanya isu tersebut. Ia terlihat menanggapinya dengan santai.

“Saya senang karena masih ingat saya,” ujar dia.