Indonesia Pernah Dibantu Thailand di Piala AFF, Kembali Terulang?

Peluang Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018 masih ada, meski sangat kecil. Evan Dimas dan kawan-kawan wajib berharap Thailand menang di dua laga terakhir kontra Filipina dan Singapura.

Setelah itu, barulah Indonesia wajib menang saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu 25 November 2018. Sekarang yang jadi pertanyaan, sanggupkah Thailand memenangi dua laga tersisa demi menyelamatkan muka Indonesia?

Demi menjunjung tinggi sportivitas, skuad The Elephants War –julukan Thailand– dipercaya akan tampil habis-habisan di dua laga tersisa. Tim asuhan Milovan Rajevac itu membutuhkan hasil positif di dua laga tersisa fase grup demi meningkatkan kepercayaan diri saat mentas di fase gugur.

Selain itu, Thailand juga pernah membantu Indonesia, tepatnya saat tampil di Piala AFF 2016. Saat itu setelah melewati dua pertandingan di Grup A Piala AFF 2016, Thailand memuncaki klasemen dengan koleksi enam angka, disusul Filipina (dua), Singapura (satu) dan Indonesia (satu).

Kala itu setelah melewati dua pertandingan, kondisinya Thailand sudah dipastikan lolos ke semifinal dengan status juara grup. Karena itu di laga terakhir kontra tuan rumah Filipina, kekalahan pun takkan menganggu posisi mereka di puncak klasemen.

Akan tetapi, Thailand tetap tampil ngotot sehingga mampu memenangi pertandingan dengan skor 1-0, lewat gol dari Sarawut Masuk. Sementara itu di laga lain, Indonesia susah payah menang 2-1 atas Singapura.

Jika saat itu Thailand kalah dari Filipina, kemenangan Indonesia atas Singapura menjadi sia-sia. Karena itu, jangan ragukan profesionalitas Thailand saat bertemu Filipina di Stadion Panaad, Bacolod, Rabu (21/11/2018) malam WIB.