Thailand v Indonesia Preview Pertandingan, 17/11/18

Timnas Indonesia akan melakoni laga ketiga Grup B Piala AFF 2018, melawan tim kuat Thailand, di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11) malam. Tim racikan pelatih Bima Sakti kurang difavoritkan untuk laga ini.

Pasalnya, dua penampilan pada dua partai sebelumnya belum memperlihatkan permainan yang memuaskan. Bahkan ketika melawan Singapura, di Stadion Nasional Singapura, Merah-Putih harus kalah, 1-0.

Indonesia baru bangkit pada laga kedua di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), menghadapi Timor Leste. Tapi kemenangan dengan skor 3-1 di laga tersebut belum membuat masyarakat Indonesia yakin akan mereka.

“Kepercayaan diri kami telah berlipat setelah kami mampu mengalahkan Timor Leste. Kami yakin bisa memberikan kejutan ketika kami menghadapi Thailand,” tegas Bima pada sesi jumpa pers sebelum laga, Jumat (16/11).

Selain diragukan secara kualitas, Indonesia juga dihantui rekor tak pernah menang ketika bermain di Stadion Rajamangala. Dari tiga pertemuan di sana pada Piala AFF, ketiganya berujung kekalahan untuk Garuda.

“Ini merupakan laga hidup atau mati. Kalah akan menyebabkan harapan kami buyar, dan hal itu akan memotivasi para pemain untuk memberikan segalanya melawan Thailand. Saya selalu mengingatkan itu ke pemain,” tukas Bima.

Di sisi lain, Milovan Rajevac selaku pelatih Thailand enggan santai memandang Indonesia yang sejauh ini belum greget. Kemenangan 7-0 atas Timor Leste pada laga pembuka, dipastikan tak membuat mereka terlena.

Pelatih asal Serbia itu sudah mempelajari bagaimana Indonesia mengembangkan permainan mereka sejauh ini. Thailand pun menilai laga ini sangat penting dan kekalahan bukan hal yang pantas untuk didapat timnya.

“Kami menyaksikan pertandingan mereka dalam tiga tahun terakhir. Kami tidak akan memberikan spesifik nama pemain yang diwaspadai. Yang jelas Kami menyiapkan tim kami untuk laga ini,” beber Rajevac.

“Saya perlu menegaskan bahwa semua pertandingan penting bagi kami, dan kami tidak tertekan untuk ini. Kami menghadapinya satu per satu. Kami berharap hasil positif dan belum memikirkan Filipina [tim unggulan Grup B].”

Prakiraan Susunan Pemain

Thailand: Siwarak Tedsungnoen; Philip Roller, Chalermpong Kerdkaew, Mika Chunuonsee, Korrakot Wiriyaudomsiri; Thitipan Puangchan, Tanaboon Kesarat; Mongkol Tossakai, Sanrawat Dechmitr, Nurul Sriyangkem; Adisak Kraisorn.

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Putu Gede, Fachruddin Wahyudi, Hansamu Yama, Alfath Faathier; Bayu Pradana, Evan Dimas; Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah; Albeto Gonçalves.