Pemain Kunci Thailand Absen, Tanda Keberuntungan Timnas Indonesia?

Thailand bakal kehilang salah seorang pilar penting saat menjamu Timnas Indonesia di Stadion Rajamangala dalam lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF 2018, Sabtu (17/11/2018). Bek tangguh, Manuel Tom Bihr dipastikan tidak bisa tampil karena cedera.

Dilansir Bangkok Post, Manuel sebelumnya tampil sebagai starter saat Timnas Thailand membantai Timor Leste 7-0 pada pertandingan pertama. Namun setelah berdiskusi dengan tim pelatih dan dokter, Manuel terpaksa mundur sebelum bertemu Timnas Indonesia.

Dalam pernyataan resminya, Asosiasi Sepak Bola Thailand menyampaikan kalau Manuel telah dikembalikan ke klubnya di mana dia akan menjalani perawatan atas cederanya.

“Selama beberapa hari latihan Manuel mengalami cedera pada pahanya,” bunyi pernyataan resmi FAT. “Staf pelatih timnas kemudian berdiskusi dengan dokter Bangkok United dan memutuskan melepas Manuel untuk mendapat perawatan oleh dokter Bangkok United.”

Piala AFF 2018 tidak membenarkan tim untuk melakukan pergantian pemain saat turnamen sudah berjalan. Dengan demikian, Timnas Thailand kini menyusut menjadi 22 pemain.

FAT juga enggan memaksakan Manuel untuk tetap berada di dalam tim. Sebab mepetnya jadwal pertandingan dapat mengancam masa depan bek berusia 25 tahun tersebut.

“Keputusan ini diambil mengingat potensi cedera serius yang mengancam para pemain mengingat Piala AFF memiliki jumlah laga yang banyak dengan waktu mepet,” tulis FAT.

“Sepertinya cedera lama Manuel kambuh lagi. Dokter Bangkok United punya catatan medisnya, jadi biar dia menangani pemain yang bersangkutanm,” FAT menambahkan.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

Striker Thailand Masih Trauma
Pemain Thailand, Philip Roller, berdiskusi dengan rekannya saat latihan di Stadion Rajamangala, Bangkok, Jumat (16/11). Latihan ini persiapan jelang laga Piala AFF 2018 melawan Timnas Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Kekhawatiran yang sama juga dialami oleh Adisak Kraisorn. Striker timnas Thailand yang mencetak 6 gol ke gawang Timor Leste itu juga dihantui oleh cedera di Piala AFF 2018.

Maklim, Adisak baru saja kembali ke lapangan hijau setelah 8 bulan absen akibat cedera ligamen. Trauma ini membuatnya belum bisa bermain 100 persen di Piala AFF 2018.

“Saya belum menunjukkan permainan terbaik saya,” kata Adisak.

“Karena saya masih khawatir cedera. Laga pertama (Piala AFF) kami bertemu tim lemah tapi saya belum tahu bakal seperti apa bila kami bertemu tim yang lebih kuat,” kata Adisak.

Kondisi Timnas Thailand menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia. Absennya, Manuel dan trauma cedera yang menimpa Adisak setidaknya bisa menjadi celah bagi tim Merah Putih dalam memetik poin penuh pada pertandingan kedua Piala AFF 2018 akhir pekan ini.

Saat ini, Timnas Indonesia masih berada di urutan kedua klasemen grup B dengan 3 poin dari 2 laga. Sementara Thailand berada di puncak dengan poin sama dari satu laga.