Pemain Indonesia yang Diprediksi Jadi Penentu Kontra Thailand

Timnas Indonesia bakal menjalani partai penting melawan Thailand di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11). Indonesia bisa menggantungkan nasib lewat beberapa pemain yang dinilai bakal punya peran penting.

Skuad Garuda di atas kertas memang selalu sulit setiap kali berjumpa Thailand. Dari total 11 pertemuan, Indonesia cuma mampu memenangi tiga laga saja, sedang Thailand 8 pertandingan.

Meski begitu, Indonesia tentu memiliki potensi besar memecahkan kutukan Rajamangala. Pasukan Bima Sakti saat ini memiliki kepercayaan diri tinggi usai menang 3-1 atas Timor Leste beberapa waktu lalu.

Meski faktanya 1985 menjadi tahun terakhir Indonesia mengalahkan Thailand di Rajamangala, asa tentu masih terbuka. Skuad Garuda bisa mengintip celah Thailand yang membawa skuad kurang berpengalaman di pentas internasional.

Indonesia bisa bertumpu pada sejumlah pilar untuk meraih hasil maksimal di Thailand. Siapa saja mereka, berikut penjabarannya.

Rizky Pora
Rizky Pora mungkin bisa saja jadi sosok kunci buat Indonesia. Meski memang kurang mencolok saat jumpa Singapura dan cuma jadi cadangan melawan Timor Leste, Rizky Pora berpengalaman menghadapi Thailand.

Berkaca pada tiga pertemuan kontra Thailand pada edisi 2016, pemain Barito Putera tersebut sukses mengemas dua assist dan satu gol buat Indonesia. Ini bisa jadi modal bagi Indonesia.

Andik Vermansah
Andik Vermansah dicadangkan saat Indonesia takluk 0-1 dari Singapura. Namun, begitu diturunkan, eks pemain Selangor FA itu tampil apik.

Pemain mungil itu terlihat menjadi motor serangan Skuad Garuda sepanjang laga kontra Timor Leste. Bahkan, aksinya membuat bek Timor Leste menjatuhkanya di kotak terlarang dan sukses melahirkan penalti.

Kontra Thailand, Andik tentu sangat dibutuhkan Indonesia. Selain permainan cepatnya, pengalamannya pada level internasional bisa membantu Skuad Garuda membuat repot tuan rumah.

Riko Simanjuntak
Ini adalah Piala AFF pertama bagi pemain Persija Jakarta. Tentu, kesempatan emas ini tak datang dua kali dan Riko harus memanfaatkannya sebaik mungkin.

Riko mungkin tak terlihat saat melawan Singapura. Namun, ketika turun sebagai pengganti kontra Timor Leste, dia sukses menjadi pembeda hingga akhirnya memberikan satu assist.

Dia bisa diturunkan sebagai starter atau supersub. Sebab, Riko akan sangat membantu ketika sebagai pengganti. Bila bek lawan sudah lelah, kecepatannya bisa menjadi penentu.