Prediksi Persela Vs Arema: Misi Sulit di Surajaya

Derby Jatim akan tersaji di Stadion Surajaya, Lamongan saat Persela Lamongan menjamu Arema FC, Jumat (16/11/2018). Kedua tim sama-sama ngotot mengincar poin karena tengah bersaing ketat untuk finis di papan tengah Gojek Liga 1 bersama Bukalapak.

Di klasemen, Arema FC sementara unggul di urutan ke-9 dengan 41 poin. Sementara Persela terpaut dua poin dan berada di posisi ke-13. Meski berstatus sebagai tim tamu, Arema coba untuk mencuri minimal satu poin.

Pelatih Arema, Milan Petrovic, menegaskan Persela bukan tim yang mudah ditaklukkan jika bermain di kandang sendiri. Alhasil, mencuri poin bukan misi mudah. Hamka Hamzah dkk harus bermain lebih rapi di Lamongan.

“Saya tahu Persela belum pernah kalah di Lamongan. Tapi setiap pertandingan ibaratnya jadi sejarah baru. Semuanya masih bisa terjadi. Sekarang tergantung perjuangan kami di lapangan,” kata pelatih berusia 57 tahun tersebut, Kamis (15/11/2018).

Arema menegaskan akan bermain cepat dengan mengandalkan tenaga, yang jadi kelebihan mereka pada musim ini. Absennya sejumlah pemain inti seperti Dedik Setiawan, Bagas Adi (timnas), Hanif Sjahbandi, RIvaldi Bawuo (cedera) dan Jayu Hariono (akumulasi kartu) diharapkan tidak banyak berpengaruh.

“Kami sudah siapkan beberapa antisipasinya. Untuk di tengah masih banyak stok seperti Hendro Siswanto dan M. Rafli yang bisa diandalkan untuk membantu pertahanan dan menyerang,” imbuhnya.

Arema juga terus mengasah skema baru untuk mencetak gol. Mereka ingin memperbaiki catatan gol di kandang lawan. Hingga kini baru 13 gol yang bisa dicetak dalam 15 laga tandang.

“Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, persoalan kami selalu kesulitan mencetak gol di kandang lawan. Tapi sekarang ada skema yang bisa membuat tim ini lebih produktif,” tegasnya.

Penyerang Arema FC, Ahmad Nur Hardianto, bakal jadi pemain inti saat laga melawan Persela Lamongan. Bagi dia, ini akan jadi laga reuni baginya. Hardianto merupakan putra daerah yang juga mantan pemain Persela musim lalu.

Dalam laga ini, Hardianto juga jadi sorotan. Suporter tuan rumah, LA Mania akan memberikan teror sepanjang laga karena sebenarnya mereka ingin dia tetap bertahan musim ini.

“Saya akan tetap fokus menjalani laga ini. Tidak ada rasa emosi dalam diri saya saat ini,” kata pemain Arema FC berusia 23 tahun tersebut.

Sementara itu, Persela optimistis menang di kandang sendiri. Ada dua misi yang mereka usung di pertandingan tersebut. Selain mempertahankan rekor tak pernah kalah di kandang, Persela sangat berhasrat membalas kekalahan 0-1 di putaran pertama.

Keyakinan Persela bisa memenangi pertandingan ini semakin mencuat karena bisa menurunkan seluruh pemain pilarnya, minus Ahmet Atayef yang mengalami cedera lutut parah.

Pelatih kepala Persela, Aji Santoso, meyakini timnya bisa memenangi pertandingan ini lantaran sedang diselimuti kepercayaan diri tinggi menyusul hasil positif (1-1) saat melawat ke markas Mitra Kukar pekan lalu.

Aji percaya anak didiknya tahu apa yang harus dilakukan ketika bermain di kandang sendiri. “Ini kandang kami, pantang bagi kami untuk meraih hasil minor,” terangnya.

Di pertandingan ini, Persela juga bisa menurunkan Saddil Ramdani yang lama absen membela Persela lantaran memperkuat Timnas U-19 di Piala AFF U-19 dan Timnas U-23 di Asian Games 2018.

Keberadaan Saddil diyakini bakal menambah daya gedor Persela di pertandingan ini. Apalago penampilan Diego Assis juga semakin apik. Pemain Persela, Samsul Arifin, meyakini dukungan ribuan LA Mania yang akan memadati stadion berkapasitas 15.000 penonton tersebut bakal menjadi pemain ke-12 bagi Persela.

“LA Mania selalu memberikan motivasi ekstra kepada kami. Ini juga pertandingan kandang, jadi wajib hukumnya kami menang,” kata pemain yang bisa bisa beroperasi sebagai bek sayap maupun gelandang sayap ini.

Prakiraan Susunan Pemain
Persela Lamongan (4-2-3-1): M. Ridwan (kiper); Eky Taufik, Wallace Costa Alves, M. Zaenuri, Samsul Arifin (belakang); Ahmad Subagja Baasith, Diego Assis, M. Syahroni, Dendy Sulistyawan, Fahmi Al Ayyubi (tengah); Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Arema FC (4-1-2-3): Utam Rusdiana (kiper); Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Ahmad Alfarizi (belakang); Hendro Siswanto; M. Rafli, Makan Konate (tengah); Dendi Santoso, Ahmad Nur Hardianto, Jefri Kurniawan.

Pelatih: Milan Petrovic.