Madura FC Disuruh Mengalah, Komdis PSSI Siap Selidiki

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI mengaku sudah menerima laporan dari pihak Madura FC soal adanya trik pengaturan skor. Saat dihubungi JawaPos.com, Kamis (15/11) Komdis menyatakan siap menyelidiki hal itu agar sepak bola Indonesia bersih dari segala bentuk kecurangan.

Sebelumnya, Manajer Madura FC, Januar Herwanto membeberkan ada salah satu oknum yang menghubungi dirinya lewat sambungan telepon. Oknum tersebut menawarkan agar Madura FC mengalah dalam salah satu pertandingan.

Kondisi itu langsung direspons oleh Komdis PSSI. Mereka siap menyelidiki hal tersebut dan sudah meneruskannya kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Sudah ada laporan makanya harus ditindaklanjuti ke PSSI. Kalau ini diberikan tugasnya ke komdis, kami akan teruskan karena semuanya sudah kami laporkan,” ungkap anggota Komdis PSSI, Dwi Irianto.

Akan tetapi, bukan perkara mudah menindak kasus ini. Sebab, Madura FC sendiri tak memiliki bukti rekaman percakapan dengan si penelepon.

“Makanya itu tak ada bukti, harusnya ada rekaman. Tapi kami tak menutup mata, cuma inisialnya kami rahasiakan karena ada asas praduga tak bersalah. Makanya sudah kami laporkan ke PSSI,” sambung dia.

Komdis PSSI siap membongkar semuanya. “Kalau kami ditunjuk menyelidiki kami siap, dan kami teruskan salah satunya sidak ke Madura FC, kami tanyakan,” papar dia.

Di lain sisi, PT LIB juga berkomentar soal hal itu. Meski memang, mereka tak memiliki kewenangan menyelidiki kasus-kasus nonteknis.

“Untuk urusan wasit, silahkan ke PSSI mas. LIB tidak dalam kompetensinya bicara soal wasit mas,” sahut COO PT LIB, Tigor Shalomboboy.