Dikritik Liga 1 Bergulir Saat Piala AFF, Menpora Tagih Penjelasan PSSI

PSSI disindir media asing karena memutar kompetisi bersamaan dengan Piala AFF 2018. Menpora Imam Nahrawi mendesak federasi sepakbola Indonesia untuk merespons.

PSSI beberapa kali mendapat sorotan negatif dari media asing. Pengeroyokan suporter Persija Jakarta hingga meninggal oleh bobotoh, juga soal pemukulan wasit yang beberapa terjadi di setiap pertandingan kompetisi menjadi contohnya.

Kini, media asing, Fox Sport Asia, menyoroti soal kemarahan suporter timnas Indonesia kepada PSSI yang masih menjalankan liganya. Padahal Piala AFF juga tengah berjalan.

“Memang aneh sih. Saat timnas main harusnya liga berhenti, cuma Indonesia saja yang liganya berjalan, mestinya berhenti, menghormati dan memberikan dukungan kepada timnas yang sedang bertarung demi negara dan bangsa. Mestinya begitu,” kata Imam ketika diminta komentarnya di Kantor Kemenpora, Senayan, Selasa (13/11/2018).

“Tinggal kami berharap agar PSSI betul-betul menegakkan regulasi dan kedisiplinan sekaligus menjawab pertanyaan publik tentang hak siar, tentang kenapa perilaku wasit, bagaimana tindakan komdis, jadi cepat menanggapi hal-hal itu,” dia menjelaskan.

“Karena orang tahunya ini Menpora yang harus tanggung jawab, padahal itu tanggung jawab ketua umum PSSI. Karena itu, saya meminta respon dengan cepat, beri tahu kepada publik soal hal-hal yang jadi pertanyaan masyarakat,” ungkap menteri asal Bangkalan tersebut.