Buntut The Jakmania Rusuh, Laga Persija U-19 Dihelat Tanpa Suporter

Pertandingan kompetisi sepak bola Indonesia usia dini Liga 1 U-19 2018 antara Barito Putera U-19 vs Persija Jakarta U-19 akan dihelat tanpa suporter, sebagai buntut The Jakmania yang rusuh belum lama ini.

Sejatinya pertandingan Barito Putera U-19 vs Persija Jakarta U-19 akan berlangsung di Stadoin Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (16/11/18) sore.

Pertandingan yang dihelat tanpa suporter ini disampaikan langsung oleh Panitia Pelaksana Pertandingan (Panpel) babak semifinal Liga 1 U-19 2018 Barry Timothy. Hal ini berdasarkan keputusan yang dikeluarkan oleh pihak keamanan.

“Surat tersebut sudah kami terima beberapa hari yang lalu. Kami berharap semua pihak bisa memahami dan mematuhinya. Semua demi kebaikan bersama,” tutur Barry Timothy seperti dikutip laman resmi Liga Indonesia, Kamis (15/11/18).

Meski tanpa penonton, panpel tetap menjamin pertandingan akan digelar dengan standar yang sama. Termasuk dalam aspek kenyamanan, keamanan, kelayakan infrastruktur stadion sampai dengan kualitas perangkat pertandingan.

Sebelumnya The Jakmania sempat membuat kerusuhan ketika Persija Jakarta U-19 vs Persib Bandung U-19 di babak penyisihan grup. The Jakmania tiba-tiba turun ke dalam lapangan dan ada yang menyalakan flare.

Sampai akhirnya Komdis PSSI memberikan sanksi pada The Jakmania dengan melarang mereka menonton pertandingan Persija Jakarta U-19 hingga akhir musim. Sanksi denda juga dijatuhkan oleh Komdis PSSI.

Di sisi lain pelatih Barito Putera U-19 Andri Ramawi Putra menilai kalau pertandingan ini menjadi kurang ideal atau greget tanpa kehadiran suporter di stadion.

“Tapi para pemain kami sudah siap. Begitu pun dengan respons tim pelatih. Kami selalu menjaga aspek mental dan psikis pemain untuk menghadapi laga ini,” tutur Andri Ramawi Putra.

Sedangkan pihak Persija Jakarta U-19 mengaku tak mempermasalahkan hal ini. Sebab pihak keamanan pastinya telah memberikan jaminan agar pertandingan berlangsung aman.

“Kami harus mematuhinya. Kami berharap semua pendukung mau mendoakan langkah kami semoga tim diberikan hasil yang terbaik,” jelas asisten pelatih Persija U-19 Washiyatul Akmal.