Sepakbola Sosial Uni Papua FC Masuk Ekstrakurikuler di Tulang Bawang Barat

Senin (11/11/2018) merupakan hari bersejarah karena untuk pertama kalinya di Indonesia, seorang kepala daerah, yaitu Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad, mensosialisasikan “pembentukan karakter” sebagai kegiatan ekstrakurikuler di seluruh SMP di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Bertempat di Islamic Center Baitus Shobur, yang menjadi ikon Tulang Bawang Barat atau biasa disingkat Tubaba, Bupati Umar Ahmad beserta jajarannya, di antaranya Wakil Bupati, Kadis Pendidikan, Ketua Ascab PSSI, dan pejabat daerah serta 100 kepala sekolah dan guru-guru, hadir dalam sosialisasi tersebut.

Mereka sekaligus mendemonstrasikan dua materi pelatihan dari Pelatih Uni Papua Banda Aceh, Ahmad Maulana.

Presentasi tentang profil dan program Uni Papua disampaikan oleh Direktur Program dan Marketing IDSPORT, Budiman Tanah Jaya, sebagai induk organisasi Uni Papua FC.

Bupati Umar Ahmad menyambut dengan antusias kerjasama ini.

“Tubaba akan segera membangun kualitas SDM melalui pembentukan karakter generasi millenial dengan sepakbola sebagai alat yang ampuh. Tubaba bahkan akan menjalin kerjasama “kota kembar” atau “sister city” dengan salah satu kota di Spanyol untuk menjalankan program yang berkelanjutan,” katanya.

Harry Widjaja selaku CEO Uni Papua menyatakan bahwa dirinya belum pernah menjumpai kepala daerah yang memiliki visi, semangat, dan konsep yang kuat untuk pembentukan karakter seperti Umar Ahmad.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Amrullah menyatakan bahwa paling lambat awal bulan Desember nanti sudah dimulai coaching clinic untuk para guru se-Kabupaten Tubaba.

“Kami sudah mempunyai perencanaan jangka panjang bersama Uni Papua FC untuk mengimplentasikan pembentukan karakter bagi siswa-siswa kami,” ujarnya.

Bupati Umar Ahmad juga sudah bertekad penuh untuk membangun sarana serta fasiltas latihan sepakbola di Tubaba.