Legenda Sepak Bola Papua Ogah Dukung Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Legenda sepak bola Papua dan mantan pemain Persipura Jayapura era 80-an, Nico Dimo kembali angkat bicara soal penampilan buruk Timnas Indonesia saat menelan kekalahan di laga pertama Piala AFF 2018 dari Singapura.

Kata Nico, kekalahan tersebut menjadi sebuah bahan introspeksi PSSI dan juga pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti. Pasalnya, Nico menilai permainan buruk timnas itu karena tak adanya satu pun pemain Papua.

Nico pun mengaku ogah mendukung Timnas Indonesia saat menjalani laga kedua Grup B Piala AFF 2018 kontra Timor Leste.

“Saya bukannya tak nasionalis, tapi saya kecewa karena tidak ada pemain Papua dalam skuat Timnas Indonesia. Jadi mungkin kita Papua tidak mendukung dalam doa. PSSI dan Bima Sakti sama sekali tidak memasukkan satupun pemain Papua.”

“Padahal pemain-pemain Papua bertebaran di sejumlah klub di Liga Indonesia hingga di luar negeri, terus kami kurang apa,” keluh Nico saat dihubungi awak media olahraga INDOSPORT, Selasa (13/11/18).

Sepi Penonton karena Nihil Pemain Papua
Pengamat sepak bola Papua ini juga mengungkapkan, jika turunnya antusiasme masyarakat untuk memberikan dukungan dalam perjuangan Timnas Indonesia karena tak adanya pemain Papua di Piala AFF 2018, setidaknya bisa menjadi tamparan keras bagi para pengurus PSSI dan Bima Sakti.

“Jadi tentu untuk nonton atau beri dukungan doa mungkin saya yakin tidak ada orang Papua yang dukung Timnas kita kali ini. Kita harap ini menjadi teguran keras untuk PSSI dan Bima Sakti,” ujarnya.

Nico menambahkan, bahwa Papua adalah bagian dari NKRI, dan sudah sepantasnya Papua juga ikut menjadi bagian dalam kejayaan persepakbolaan Indonesia.

“Yang perlu diingat bahwa Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke, berarti kami anak Papua dan pesepak bola Papua ada dalam pembentukan Timnas, bukan yang seperti terjadi sekarang ini, di mana kami dilupakan,” tekannya.