Lawan Timor Leste, Hargianto Belajar Tahan Emosi

Timor Leste dikenal punya karakter keras di lapangan. Itu juga yang mereka perlihatkan saat Timor Leste U-22 berhadapan dengan Indonesia di SEA Games 2017. Kini kedua tim di level senior bertemu di laga kedua Grup B Piala AFF 2018.

Gelandang Timnas Indonesia, Muhamad Hargianto, menegaskan ia belajar menahan emosi jika peristiwa seperti di Kuala Lumpur terulang lagi. Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Dalam pertandingan tersebut, kedua tim dipastikan akan sama-sama mengincar hasil maksimal mengingat sama-sama kalah di laga pertama. Hargianto, yang jadi bagian Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017 ketika menghadapi Timor Leste, tidak menampik permainan keras itu bisa terulang ketika Timnas Indonesia menjamu Timor Leste di SUGBK.

Namun, Hargianto berjanji untuk lebih bisa mengendalikan emosi jika dipercaya turun oleh pelatih melawan Timor Leste di ajang Piala AFF 2018 . Gelandang Bhayangkara FC itu kerap meluapkan emosi terhadap pemain lawan yang melakukan pelanggaran keras.

“Jika memang permainan keras itu kembali diperlihatkan, tentu kami harus merespons. Namun, kami harus merespons dengan tenang, khususnya untuk saya sendiri,” ujar Hargianto seusai sesi latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Minggu (11/11/2018).

Dia menambahkan, “Setiap hari saya selalu berusaha belajar untuk mengurangi yang buruk dari diri saya, begitu pula teman-teman yang lain.”

Tak Perlu Diladeni
Hargianto menyebut, jika Timor Leste bermain kasar, tidak perlu diladeni. “Sebenarnya kalau mereka bermain keras dan kami pun keras, itu normal terjadi. Tapi, yang perlu, diingat bagaimana permainan keras itu tidak sampai merugikan tim seperti sampai keluar kartu dari wasit,” ujarnya.

Timor Leste dan Timor Leste sama-sama mengalami kekalahan di laga pertama Grup B Piala AFF 2018 yang digelar pada Jumat (9/11/2018). Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Singapura, sementara Timor Leste kalah telak 0-7 dari Thailand.