Indonesia v Timor-Leste Preview Pertandingan, 13/11/18

Timnas Indonesia akan menjamu Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018, Selasa (13/11) malam, di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Laga yang penting untuk kedua tim menjaga asa ke fase berikutnya.

Pada pertandingan pertama, Indonesia menelan kekalahan mengejutkan dari Singapura, di Stadion Nasional Singapura, dengan skor akhir 1-0. Sementara Timor Leste dibantai 7-0 oleh Thailand, di Stadion Rajamangala.

Mental para pemain Indonesia dalam sorotan ketika mereka seakan kehilangan jati diri saat melawan Singapura, pelatih Bima Sakti berharap Hansamu Yama dan kolega bisa menebus kekalahan itu dengan bagus di laga ini.

“Yang pasti masalah komunikasi, kemarin [lawan Singapura] terjadi kurang komunikasi sehingga dalam pertandingan kemarin nervous [gugup] dan dengan tekanan Singapura kami seperti kehilangan jati diri kami,” kata Bima.

“Ini menjadi PR [pekerjaan rumah] untuk saya sebagai pelatih, bagaimana mengangkat motviasi mereka dan saya harap mereka bisa bangkit pada pertandingan melawan Timor Leste,” sambung mantan kapten timnas Indonesia itu.

Indonesia dipastikan kehilangan sosok Putu Gede, karena mendapat kartu merah saat melawan Singapura. Gavin Kwan diplot mengisi posisi bek kanan, dan pemain milik Barito Putera itu menyebut semangat tim sudah kembali.

“Kami harus menerima kekalahan dan saya lihat pemain sudah sangat siap untuk pertandingan ini,” ucap Gavin. “Kami semua positif, dan masih ada tiga pertandingan lagi jadi kami harus fokus dan saya lihat kami sangat siap untuk itu.”

Sementara itu, Timor Leste enggan memikirkan hasil yang begitu pahit di laga pertama. Norio Tsukitate percaya akan kapasitas pemain Timor Leste yang mayoritas masih muda dan jebolan skuat SEA Games 2017, di Kuala Lumpur.

Sempat galau bagaimana menerapkan taktik yang pas untuk laga ini, Norio menyadari bahwa Indonesia mengandalkan pemain sayap yang cepat. Walau, Bima sudah berinisiatif bakal mengubah strategi yang sudah terbaca itu.

“Pemain muda atau senior sama saja, pemain senior punya lebih banyak pengalaman, tapi pemain muda butuh pengalaman. Pemain muda kami tak takut apa pun, pekerja keras dan antusias, mereka bisa membuat perubahan,” tuturnya.

“Indonesia merupakan tim yang menarik, tapi di tim kami juga ada pemain muda yang bagus dan saya pikir laga akan menarik,” pungkas mantan pelatih Bhutan berusia 58 tahun tersebut.

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Gavin Kwan, Fachruddin Wahyudi, Hansamu Yama, Alfath Fathier; Bayu Pradana, Evan Dimas; Riko Simanjuntak, Septian David Maulana, Febri Hariyadi; Alberto Gonçalves.

Timor Leste: Fagio Pereira; Nelson Viegas, Gumario Fernandes, Jorge Sabas; Adelino de Oliveira, Nataniel Reis, Filomeno da Costa, Candido de Oliveira, Joao Freitas; Rufino Walter Gama, Henrique Martins.