Format Baru Piala AFF 2018 Dianggap Rugikan Timnas Indonesia

Mantan pemain PSIS Semarang Indriyanto Setyo Nugroho menganggap kalau format baru kompetisi sepak bola internasional Piala AFF 2018 malah rugikan kiprah Timnas Indonesia.

Format Piala AFF 2018 mengalami perubahan, di mana sebelumnya bermain home tournament, kini dilaksanakan dengan sistem tandang dan kandang tiap kontestan. Regulasi ini berdasarkan keputusan baru AFC.

Regulasi tersebut bagi Indriyanto sedikit kurang menguntungkan untuk Timnas Sepak Bola Indonesia. Karena laga awal Timnas Indonesia kalah.

“Ruginya adalah pertandingan awal kalah. Usai lawan Timnas Timor Leste nanti Timnas Indonesia terbang ke Thailand. Apalagi Timnas Thailand saat ini sangat super di Asia Tenggara. Kalau Timnas Filipina masih di atas kertas bagi Timnas Indonesia,” kata Indriyanto saat dihubungi INDOSPORT, Senin (12/11/18).

Bagi pria yang pernah membela Timnas Primavera ini kuncinya adalah di pertandingan malam ini. Karena dengan meraih kemenangan tentu bisa membuat Timnas Indonesia menatap laga berikutnya dengan percaya diri.

“Kuncinya ada di pertandingan besok sore (hari ini) bagaimana coach Bima Sakti bisa meracik strategi dengan baik agar dapat menjadi cermin untuk melawan Timnas Thailand. Jika bisa imbang di kandang Thailand itu cukup bagus,” tutur Indriyanto.

Prediksi Timnas Indonesia vs Timor Leste
Lebih lanjut, pria yang pernah dijuluki sebagai ‘Mister Cepek’ ini juga memberikan prediksi terhadap pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste. Baginya Timnas Sepak Bola Indonesia memiliki peluang untuk menang.

“Kalau saya mungkin Timnas Indonesia menang dengan skor 2-0. Karena Timor Leste tidak mudah untuk dikalahkan sekarang ini,” pungkas Indriyanto.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (13/11/18), pukul 19.00 WIB. Ini merupakan laga kedua di Grup B Piala AFF 2018.