Cerita Osvaldo Haay, Berkarier di Persebaya Sekaligus Kuliah di Jayapura

Pemain depan Persebaya, Osvaldo Haay tengah disibukkan dengan kegiatan perkuliahan. Namun, jangan dibayangkan pemain berusia 21 tahun bisa menjalaninya dengan mudah.

Osvaldo tidak berkuliah di Surabaya, kota basis Persebaya. Sementara itu, pemain asal Jayapura tersebut saat ini juga masih berstatus sebagai mahasiswa aktif program sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Cendrawasih (Uncen), Jayapura.

Ya, pemain yang akrab disapa Valdo itu tidak mengambil jurusan keolahragaan seperti yang biasa dilakukan pesepak bola lain. Pemilihan jurusan ini didasari oleh latar belakangnya saat menempuh pendidikan sekolah menenagah.

“Di Uncen, ada juga sih jurusan keolahragaan. Tapi, saya lulusan jurusan Akuntansi SMKN 2 Jayapura. Jadi sekalian meneruskan apa yang saya pelajari dulu,” ungkap Valdo kepada Bola.com, Kamis (8/11/2018).

Sejak meninggalkan Persipura Jayapura dan bergabung Persebaya awal musim ini, Valdo tidak pernah mengambil cuti kuliah. Dia tetap melanjutkan pendidikannya itu meski tak pernah hadir di dalam ruang perkuliahan.

“Selama ini saya terus menjalin komunikasi dengan dosen dan teman-teman di kampus. Jadi, perkuliahannya lewat komunikasi itu. Kadang, dosen juga memberikan tugas khusus buat saya,” kata Valdo.

“Memang sulit sekali. Dulu saat masih di Jayapura, saya agak kesulitan bagi waktu. Kadang latihan pagi, ternyata ada kuliah pagi. Latihan sore, juga dosen mengajar sore. Apalagi sekarang saya di Surabaya, semakin sulit,” imbuhnya.

Setelah 10 bulan berada di Surabaya, akhirnya Valdo untuk pertama kali pulang ke Jayapura. Momen itu terjadi saat Persebaya menjalani partai tandang ke markas Persipura pada 30 Oktober 2018.

Kebetulan, Valdo tidak bisa diturunkan pada laga tersebut karena terkena sanksi larangan bertandingan. Namun, namanya sudah terlanjur termasuk dalam skuat yang dibawa oleh Persebaya pada lawatan tersebut.

Comments are closed.