Totalitas, Perjuangan Beto Goncalves Hafalkan Lagu Indonesia Raya dan Pancasila

Pemain naturalisasi timnas Indonesia, Alberto Goncalves baru-baru ini mengungkapkan bagaimana usaha kerasnya untuk menghafal lagu Indonesia Raya dan juga Pancasila. Hal ini dia lakukan agar sebelum pertandingan di Piala AFF 2018, bisa merasakan momen emosional dan rasa bangga untuk menyanyikannya.

Pemain yang akrab disapa Beto itu mengaku sangat bangga menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai pertandingan. Meskipun baru resmi menjadi WNI (Warga Negara Indonesia) pada Februari 2018, dia mengaku rasa cintanya sudah dalam pada negara ini.

Beto mengaku sudah hafal lagu Indonesia Raya. Namun, butuh perjuangan baginya untuk bisa mengucapkan kalimat-kalimat dalam lagu tersebut. Dia mengaku belajar dengan menggunakan headphone.

“Saya sudah hafal dengan lagu kebangsaan. Sebelum menjadi WNI, ada yang bicara kepada saya ‘Kamu harus hafal lagu Indonesia Raya dan Pancasila’. Ya, sekarang saya jadinya sudah hafal lagu Indonesia Raya dan Pancasila juga,” kata Beto kepada wartawan di Cikarang, Senin (5/11/2018).

“Pokoknya sebelum tidur, saya pakai headphone untuk menghafal. Saya bangga menyanyikan lagu ini karena meskipun saya lahir di Brasil, namun setengah hidup saya di Indonesia,” ujar pemain berusia 37 tahun tersebut.

Beto pertama kali datang ke Indonesia pada 2008 dengan bergabung bersama Persijap Jepara. Seiring perjalanan waktu, Beto mempersunting wanita Indonesia, Roesmalia Dewi. Kini sejoli tersebut sudah dikaruniai dua anak perempuan yang lahir di Indonesia.

“Kurun 13 tahun bukan waktu yang sedikit. Jadi, saya cukup bangga dengan itu. Punya istri orang Indonesia, anak lahir di sini, apa pun yang saya miliki saat ini saya dapatkan di Indonesia,” ucap Alberto Goncalves.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*