Masih Cedera, David da Silva Kembali Berlatih Bersama Persebaya

Striker Persebaya Surabaya, David da Silva, kembali berlatih bersama tim. Dia menjalani latihan perdana di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Selasa (6/11/2018) sore, masih dalam kondisi cedera.

David mengalami robek pada medial collateral ligament (MCL) lutut kanan dalam pertandingan melawan Arema FC (6/10/2018). Setelah itu, dia tidak pernah lagi berlatih dan absen dalam lima laga beruntun.

Striker asal Brasil itu berlatih terpisah di pinggir lapangan. Asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro, mengatakan David masih membutuhkan waktu untuk penyembuhan.

“Kondisinya memang seperti itu, mungkin dua pertandingan berikutnya baru bisa main, sekarang tidak bisa dipaksakan. Kemungkinan saat melawan Bhayangkara FC (26/11/201), dia sudah siap,” kata Bejo.

David mendapat perawatan secara khusus dari dokter asal Brasil untuk penyembuhannya. Pemantauan kondisi cederanya dilakukan dokter tersebut dan berkoordinasi dengan tim medis Persebaya.

“Dia membawa dokter dari Brasil untuk penanganan cedera. Tapi, pihaknya tetap menjalin komunikasi dengan dokter tim Persebaya Surabaya,” imbuh pelatih berusia 41 tahun tersebut.

Absennya David dalam beberapa pertandingan sempat membuat Persebaya kesulitan mencari pengganti yang sepadan. Akan tetapi, Bajul Ijo telah memiliki Osvaldo Haay yang menjadi target man andalan dalam empat laga terakhir.

Saat ditanya mengenai kondisinya, David masih enggan banyak berkomentar. “Saya masih perlu pemulihan. Saya sekarang sudah merasa lebih baik,” ungkapnya kepada Bola.com.

Meski absen dalam lima pertandingan, pemain bernomor punggung 17 ini masih menjadi top scorer sementara di Liga 1 dengan membukukan 16 gol. Namun, kini dia dibayangi oleh Fernando Rodriguez (Mitra Kukar), Ezechiel N’Douassel (Persib Bandung), dan Aleksandar Rakic (PS Tira) yang sama-sama mengoleksi 15 gol.