Kualifikasi Piala AFC U-23 2020: Timnas Indonesia Gabung Vietnam dan Thailand

Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup K Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 bersama tiga tim asal Asia Tenggara lainnya. Tim Garuda Muda akan bersaing dengan Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Konfederasi sepak bola Asia (AFC) melakukan undian Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang akan digelar pada 22 sampai 26 Maret 2019 di 11 negara berbeda. Pengundian dilakukan di AFC House, Kuala Lumpur, Rabu siang (7/11/2018).

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K bersama Vietnam, yang menjadi tuan rumah penyelenggara, Thailand, dan Brunei Darussalam. Meski bergabung dengan tiga tim asal Asia Tenggara, bukan berarti langkah Indonesia di babak kualifikasi ini akan mudah.

Vietnam merupakan runner-up Piala AFC U-23 2018. Tim berjulukan The Golden Stars itu berhasil mencapai pertandingan final turnamen sepak bola U-23 Asia itu, pada tahun ini, dan kalah dari Uzbekistan.

Sementara juara bertahan, Uzbekistan, berada di Grup F bersama Tajikistan, India, dan Pakistan. Uzbekistan kali ini juga menjadi tuan rumah penyelenggara untuk kualifikasi Grup F.

Dengan 44 tim peserta mengikuti fase kualifikasi Piala AFC U-23 2020 ini, akan ada 16 tim yang dinyatakan lolos ke putaran final turnamen yang digelar di Thailand pada 8 hingga 26 Januari 2020.

Selain 11 tim yang memastikan diri lolos sebagai juara grup di tiap grup kualifikasi, akan ada empat atau lima runner-up terbaik dari 11 tim runner-up fase kualifikasi yang akan lolos, tergantung apakah Thailand masuk dalam dua posisi teratas atau tidak di Grup K.

Dengan bergabung bersama Thailand yang merupakan tuan rumah putaran final Piala AFC 2020, tak lantas menjadi keuntungan bagi Timnas Indonesia U-23.

Tim Garuda Muda tetap harus berusaha menjadi juara grup untuk lolos otomatis ke putaran final, atau menempati posisi runner-up dengan nilai yang sangat baik untuk bisa masuk empat runner-up terbaik.

Jika Thailand menjadi juara grup atau runner-up di Grup K, jatah runner-up terbaik yang akan lolos ke putaran final akan menjadi lima tim. Dengan kondisi seperti itu, Timnas Indonesia U-23 tetap harus berjuang untuk bisa lolos ke putaran final.

Putaran final Piala AFC U-23 2020 akan menjadi jalan bagi tim peserta tampil di Olimpiade 2020 karena turnamen itu sekaligus jadi kualifikasi untuk pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

Sumber: AFC

Hasil drawing Kualifikasi Piala AFC U-23 2020
Zona Barat

Grup A Qatar*, Oman, Nepal, Afganistan

Grup B Palestina, Bahrain*, Bangladesh, Sri Langka

Grup C Irak, Iran*, Turkmenistan, Yaman

Grup D Arab Saudi*, Uni Emirat Arab, Lebanon, Maladewa

Grup E Yordania, Suriah, Kirgistan, Kuwait*

Grup F Uzbekistan*, Tajikistan, India, Pakistan

Zona Timur

Grup G Korea Utara, Hong Kong, Singapura, Mongolia*

Grup H Korea Selatan, Australia, Kamboja*, Chinese Taipei

Grup I Jepang, Myanmar*, Timor Leste, Makau

Grup J Malaysia*, China, Laos, Filipina

Grup K Vietnam*, Thailand, Indonesia, Brunei Darussalam

Ket: * = Tuan rumah penyelenggara

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*