Kasus Saddil Ramdani Diharapkan Jadi Contoh untuk Pesepakbola Muda Lain

Sepakbola nasional sempat dihebohkan dengan kasus yang menerpa Saddil Ramdani, bintang timnas Indonesia U-19 dan Persela Lamongan itu terbukti melakukan tindak kekerasan terhadap seorang wanita. Meski berujung dengan proses damai, Saddil sempat menjalani penahanan dari pihak kepolisian Lamongan.

Saddil pun harus menerima konsekuensinya dengan tercoret dari skuat timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018.

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti menilai bahwa kasus ini harus dijadikan pelajaran bagi para pemain muda lain dalam bersikap. Bima Sakti sendiri langsung memanggil Andik Vermansah untuk menggantikan tempat Saddil di timnas.

“Pembelajaran untuk pemain muda menjaga sikap di dalam dan luar lapangan. Mungkin ini buat Saddil istirahat juga,” kata Bima Sakti saat Tur Piala AFF di Jakarta, Minggu (4/11/2018).

“Dia sudah dari mulai dari Asian Games, Piala AFF U-19 kemaren, Piala Asia U-19, mungkin ini rezeki untuk Andik juga. Semoga Andik bisa memberi aura positif,” ujar Bima, yang juga merupakan mantan pemain Timnas Indonesia.

Mantan pelatih dan pemain Persiba Balikpapan itu menilai pilihannya memanggil Andik merupakan keputusan tepat. Apalagi pemain Kedah FA itu sudah berpengalaman di Piala AFF.

“Karena Andik juga salah satu kekuatan kita di AFF 2018 bersama Andritany Ardhiyasa, Stefano Lilipaly, Hansamu, Evan Dimas, dan Fachruddin. Semoga mereka contoh sebagai pemain muda,” kata Bima menegaskan.

“Kita akan lihat nanti. Semuanya masih berpeluang main (di Piala AFF 2018),” ucap mantan pemain Persema Malang tersebut.

Indonesia akan berhadapan dengan Singapura di laga perdana Piala AFF pada 9 November mendatang.