Demi Prestasi, PSSI Agendakan Kompetisi Sepak Bola U-15

Demi mengembangkan bakat anak-anak muda Sumatera Selatan terhadap dunia sepak bola, pengurus Provinsi PSSI Sumatera Selatan (Sumsel) telah menyiapkan sebuah kompetisi U-15 pada pertengahan bulan November nanti.

Hal ini dilakukan demi menjaga semangat anak-anak muda Sumsel untuk bermain sepak bola, sekaligus memberikan pengalaman sebelum memasuki fase senior.

Selain itu, menurut Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Sumsel Hendrix Halim, kompetisi sepak bola tingkat usia di Sumsel sangatlah sedikit.

“Kompetisi ini digelar tak lain untuk tetap menjaga semangat anak-anak muda Sumsel dalam berolahraga sepak bola. Mereka butuh jam terbang, untuk lanjut ke jenjang junior,” ucap Hendrix Halim dilansir Antara.

Maka dari itu, dirinya pun yakin membuat kompetisi ini. Hendrix menambahkan, sudah ada tujuh kabupaten dan kota yang telah memastikan ambil bagian di kompetisi ini. Di antaranya adalah Palembang, Ogan Ilir, OKI, OKU Timur, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, dan Pali. 

Ia tak menutup kemungkinan adanya daerah-daerah lain yang memutuskan akan ambil bagian nantinya.

“Kemungkinan ada tambahan dari kabupaten/kota lain. Kami masih membuka pendaftaran,” lanjutnya.

Sedangkan menurut Ketua PSSI Sumsel Ucok Hidayat, kompetisi ini terbentuk karena Sumsel tengah gencar menggembleng para anak muda Sumsel untuk bisa lebih berprestasi lagi kedepannya.

Ia pun mengakui telah menyusun beberapa program, seperti kompetisi U-15 ini untuk mendukung rencana pembinaan ini.

“Kami sudah menyusun program untuk digencarkannya kompetisi anak-anak usia muda pada tahun 2019,” ucap Ucok Hidayat.

Alasan lain terbentuknya kompetisi ini, ialah prestasi Sumsel di PON Jawa Barat bisa dikatakan telah meningkat pesat. Maka dari itu, Ucok berharap adanya kompetisi ini, bisa membuat tim Sumsel berprestasi lebih banyak lagi nantinya.

“Prestasi di PON Jabar sudah cukup baik, sudah menembus semifinal. Semoga saja, prestasi ini dpat terus ditingkatkan,” lanjutnya.

Ia tak menutup mata, apabila nantinya terdapat pemain yang dilirik oleh Sriwijaya FC ataupun Timnas Indonesia. Terlebih lagi, bila Sriwijaya memainkannya, akan terasa spesial dikarenakan sang pemain adalah putra daerah.