PSSI Aceh Gelar Penyegaran Wasit

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Aceh melalui Komite Wasit menggelar penyegaran untuk perangkat pertandingan di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya,

Mereka yang berasal dari seluruh Aceh tersebut akan dipersiapkan untuk berbagai kegiatan sepakbola di provinsi. Diantaranyan kompetisi Liga Soeratin U-17 yang akan kick-off 1 November mendatang, di empat kota. Kemudian, Pekan Olahraga Aceh (PORA) di Kota Jantho, Aceh Besar, dan sejumlah even daerah lainnya.

Gelaran ini dipimpin oleh beberapa instruktur yakni M Amin Spd, Drs M Hasbi, dan Zainuddin. Berikutnya, wasit Liga 1, Faulur Rossy dan sejumlah wasit Liga 2, Khalid Al-Makmun, Syamsuddin Mahmud, Khairuddin Cureh, dan Mukhlis. Diikuti 66 wasit dan asisten wasit, selain menjalani penyegaran peraturan pertandingan sesuai Law of The Game FIFA.

Ketua Umum PSSI Aceh, Nazir Adam kepada Serambi kemarin menyebutkan, bahwa penyegaran ini diikuti oleh wasit bersertifikat C1, dan C2. Kegiataan tersebut merupakan program dari Komite wasit serta pengembangan diklat. “Kegiatan selama dua hari ini sesuai dengan visi dan misi ketika mencalonkan diri sebagai Ketua Asprov,” ungkapnya.

Dari 66 wasit yang ambil bagian dalam penyegaran itu , sebut Nazir Adam, pihaknya sudah memutuskan sebanyak 26 orang lulus sesuai dengan penilaian para instruktur. Mereka ini nantinya disiapkan untuk bertugas di Liga Soeratin U-17 di empat kota. Di mana gelaran itu mulai bergulir 1 November. “Selain itu, mereka juga akan bertugas di PORA Aceh Besar,” tegas mantan Wakil Bupati Pidie itu.

Sementara Pengawas Pertandingan (PP) senior, Zainuddin menyambut baik program dari Asprov PSSI Aceh saat ini. Karena, sudah lama penyegaran untuk perangkat pertandingan tak diadakan. Kini, penugasan wasit lebih teratur dilakukan sesuai dengan kompetensi mereka.(ran)