Panpel Persebaya Siapkan Kuota Tiket untuk Suporter Persija, Tapi…

Animo masyarakat untuk menyaksikan laga Persebaya melawan Persija sangat besar. Tiket pertandingan yang bakal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (4/11/2018) itu telah ludes terjual.

Namun, semua tiket laga pekan ke-29 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak ini tidak benar-benar sudah laku. Sebab, panpel Persebaya rupanya masih membuka peluang kedatangan suporter Persija, The Jakmania.

Jadi, ludesnya tiket itu didasarkan pada jumlah yang telah ditentukan kepada suporter tuan rumah. Sedangkan, panpel berusaha untuk menyediakan tempat bagi suporter tamu meski jumlahnya tak banyak.

“Kami sudah siapkan kuotanya sesuai regulasi sebanyak 5 persen. Tapi, kami belum berani melepas (menjual). Saat ini kami masih menunggu rekomendasi dari Polrestabes Surabaya soal keamanan suporter Persija,” kata Wisnu Sakti Buana, ketua panpel Persebaya.

Kemungkinan, sebanyak 5 persen atau sekitar 2500 lembar tiket itu masih disimpan oleh panpel. Jika rekomendasi dari Polrestabes Surabaya tidak keluar, sangat mungkin tiket akan dijual kepada Bonek.

Saat ini, faktor keamanan memang masih perhatian utama bagi panpel untuk menyongsong pertandingan ini. Hubungan Bonek (suporter Persebaya) dengan The Jakmania sebenarnya sudah sempat adem dengan saling mengunjungi.

Namun, insiden kericuhan antar dua kelompok itu terjadi pada putaran pertama di Stadion Sultan Agung, Bantul (3/6/2018). Akibatnya, laga tersebut terpaksa dibatalkan, meskipun yang dimaksud adalah ditunda. Pertemuan itu kemudian dipindah ke Stadion PTIK, Jakarta dengan jadwal baru pada 26 Juni 2018.

Hubungan kurang apik antar suporter sekaligus tensi panas pertandingan karena memiliki misi yang berbeda menghiasi laga ini. Pelatih Persija, Stefano Teco sudah mengimbau kepada The Jakmania untuk tidak memaksa datang ke Stadion GBT.