Timnas Yakin Bisa Jawab Tantangan di AFF Futsal Championship 2018

Sejumlah tantangan berat menghadang timnas futsal Indonesia yang akan menjadi tuan rumah kejuaraan AFF Futsal Championship 2018 di Yogyakarta. Tantangan terberat tentu membuktikan diri jika timnas Merah Putih mampu bersaing dengan raksasa futsal Asia Tenggara yaitu Thailand dan Vietnam.

Terlebih lagi untuk timnas Thailand yang merupakan juara bertahan plus sudah delapan tahun Indonesia tak pernah sekalipun bisa menang atas tim Negeri Gajah Putih tersebut. Thailand sendiri pantas dinobatkan raja futsal Asean.

Kapten timnas futsal Indonesia, Bambang Bayu Saptaji, mengakui kedua negara yaitu Thailand dan Vietnam berada satu peringkat di atas Indonesia. Namun, dirinya menegaskan, Indonesia tidak akan terbebani dengan catatan buruk timnas saat berjumpa dengan rivalnya tersebut.

“Kalau menurut saya, kemungkinan untuk juara bakal selalu ada. Cuma kita tetap berusaha dengan kerja keras untuk mencapai itu,” ungkapnya, Selasa (30/11/2018) kemarin.

Bambang menuturkan, timnas akan fokus untuk lolos ke babak grup terlebih dahulu, dan kemudian baru memikirkan lawan yang lebih berat di babak empat besar.

“Sekarang ini Thailand dan Vietnam di atas kita, tetapi kita terus berlatih. Kita berpikir di grup dulu ada Malaysia dan Myanmar yang terberat. Kalau bisa lolos dari situ, baru kita akan menghadapi Vietnam atau Thailand,” ujar sang kapten.

Hal serupa juga diutarakan kiper timnas Indonesia, Muhammad Yusuf Kurniawan. Menurut kiper kelahiran 7 September 1995 ini, Indonesia tetap memiliki peluang jika berhadapan dengan Thailand ataupun Vietnam, terlebih lagi, timnas akan mendapat dukungan penuh supporter di GOR Utama UNY.

“Mungkin secara di atas kertas itu susah, kita dianggap kalah sama Vietnam atau Thailand, tapi itu kan hanya di atas kertas,” sebutnya.

Yusuf Kurniawan menambahkan, timnas tidak perlu merasa inferior karena di bawah asuhan kepelatihan pelatih asal Jepang Kensuke Takahashi, skuad timnas Garuda ditanamkan mental disiplin dan keberanian menghadapi siapa pun.

“Apalagi di bawah (asuhan) Coach Ken (Kensuke) kita ditanamkan kerja keras, disiplin, itu menjadi bekal buat kita. Mungkin saja di atas kertas kita katanya susah menghadapi Thailand atau Vietnam, tapi kita buktikan saja besok. (timnas) Indonesia yang sekarang, bukan timnas Indonesia yang dulu,” tandasnya.

Timnas Indonesia akan terlebih dahulu menghadapi tantangan di Grup A yang berisi Malaysia, Myanmar, Kamboja serta tuan rumah Indonesia pada turnamen AFF Futsal Championship yang digelar 5-11 November mendatang.

Jika lolos dari fase grup, Indonesia diprediksi baru akan menghadapi Thailand atau Vietnam. Untuk Thailand sendiri telah dianggap sebagai raksasa di cabang futsal dan sepakbola untuk kawasan Asia Tenggara. Di cabang futsal misalnya, Thailand sudah 12 kali menjadi juara dari 13 edisi penyelenggaraan AFF Futsal Championship. Hanya satu kali gelar juara lepas dari tangan Thailand yaitu saat timnas Indonesia berhasil merebut gelar juara di tahun 2010 silam.