Witan Sulaeman Merantau Demi Raih Impian

Gelandang timnas U-19 Indonesia, Witan Sulaeman, mengambil keputusan untuk merantau ke Jakarta demi mengejar impiannya.

Witan Sulaeman mengungkapkan keputusan merantau diambil karena di daerah asalnya masih minim ajang untuk pesepak bola usia dini.

“Di Palu dulu minim ajang untuk pesepak bola usia dini. Kalau pun ada, sifatnya hanya pertandingan antar kampung. Bahkan, di Palu belum ada Sekolah Sepak Bola (SSB),” kata Witan dalam sesi wawancara khusus dengan Tabloid BOLA dan BolaSport.com beberapa waktu lalu.

“Memang ada pelatih sepak bola, tetapi tidak terlalu memperhatikan pemain anak-anak. Pelatih cuma datang dan menyuruh bermain, tidak ada program latihan,” ujarnya menambahkan.

Pemain asal Palu itu menilai merantau ke Jakarta bisa lebih berkembang untuk pemain muda karena banyak kompetisi. Bahkan menurutnya, banyak anak Palu yang sudah memiliki bakat sebagai pesepak bola namun kurang jam terbang.

“Kalau di Jakarta, lebih banyak kompetisi yang diikuti. Begitu juga di Ragunan, malah bisa mengikuti turnamen internasional di luar negeri,” ujarnya menambahkan.

“Menurut saya, kebanyakan mereka memiliki bakat alam bermain sepak bola. Hanya bila tetap di Palu, saya merasa mereka akan sulit berkembang,” katanya.

Oleh karena itu, Witan berharap para pembina sepak bola usia muda di Palu bisa lebih giat membina pemain dan menggelar lebih banyak kompetisi usia muda.

Lebih lanjut, pemain yang mengidolakan Lionel Messi ini berharap bisa berkarier di Eropa.

“Harapan saya tentu semoga bisa berkarier di Eropa seperti halnya Egy,” ucapnya.

Witan saat ini tengah membela timnas U-19 Indonesia pada ajang Piala Asia U-19 2018. Witan dkk diharapkan bisa melaju hingga babak semifinal agar bisa mengikuti Piala Dunia U-20 di Polandia, tahun depan. (Andrew Sihombing)