Lewatkan Piala AFF, Hanif Sjahbandi Optimistis Bela Timnas di SEA Games 2019

Cedera patah tulang di tangan kiri, memang akan membuat Hanif Sjahbandi beristirahat total dari panggung sepak bola Indonesia. Tak hanya di Arema FC, kontribusi Hanif pun tidak akan berlanjut di Timnas Indonesia dalam beberapa bulan ke depan.

Mengacu pada cedera serupa yang dialami pesepak bola lainnya, tentu saja butuh waktu berbulan-bulan dalam proses pemulihannya.

Tak pelak, Hanif pun harus rela melewatkan pentas Piala AFF tahun ini bersama timnas senior, yang akan mulai berlangsung pada 9 November mendatang.

Pada ajang yang untuk pertama kalinya digelar secara home-away itu, Hanif berpeluang besar mengisi satu dari 50 nama pemain yang didaftarkan PSSI. Hal itu berdasarkan pada kontribusinya yang selalu berada di susunan pemain Timnas Indonesia senior di bawah asuhan Bima Sakti di sejumlah agenda FIFA Matchday lalu.

Peluang ke SEA Games 2019
Pasca membawa Timnas U-23 mencapai babak 8 besar Asian Games lalu, Hanif memang rutin mengisi komposisi pemain Timnas senior di laga uji coba. Bersama Dedik Setiawan dan Alfin Tuasalamony, Hanif cukup diandalkan Timnas  Indonesia saat menghadapi uji coba kontra Mauritius, Myanmar, hingga Hong Kong lalu.

“Fokpem saya saat ini ya untuk segera sembuh dari cedera ini. Tidak mau berpikir yang lain, baik di Arema maupun di tim nasional,” ungkap gelandang tengah yang sudah menyumbangkan 2 gol dari 19 caps bersama Arema FC tersebut.

Kendati melewatkan kesempatan bermain di timnas senior, Hanif masih tetap berpeluang untuk tetap membela timnas untuk SEA Games tahun depan. Usianya yang saat ini masih 21 tahun, membuatnya mencapai batas maksimal untuk Timnas U-23 pada ajang yang akan digelar di Filipina itu.

“Belum (berpikir) jauh ke sana. Yang penting saya fokus sembuh dulu, dan Tuhan pasti akan memberi yang terbaik ke depannya,” sambung alumni Persib Bandung U-21 tersebut.