Ranking FIFA: Indonesia Naik Empat Posisi

Sempat dilanda stagnasi dalam lima bulan, timnas Indonesia akhirnya mengalami peningkatan peringkat di Ranking FIFA keluaran terkini.

Dari Mei hingga September 2018, skuat Garuda terus tertambat di posisi ke-164. Namun, dalam lis Oktober yang baru saja dirilis FIFA, Indonesia melompat empat anak tangga menuju urutan ke-160.

Ini tidak lepas dari hasil positif Indonesia dalam dua partai uji coba internasional bulan ini. Di bawah komando Bima Sakti, yang kini telah resmi ditunjuk sebagai suksesor Luis Milla, Indonesia melibas Myanmar 3-0 sebelum bermain imbang 1-1 kontra Hong Kong.

Sementara itu, setelah September lalu berdampingan di puncak, juara Piala Dunia 2018 Prancis harus merelakan posisi pertama dipegang sendiri oleh Belgia bulan ini.

Prancis, yang ditahan Islandia 2-2 dalam partai eksebisi di kandang sebelum mengalahkan Jerman 2-1 pada lanjutan UEFA Nations League, hanya terpaut sebiji poin di belakang Belgia yang mengoleksi total 1733 poin.

Adapun lonjakan terbesar dalam ranking Oktober dibukukan Gibraltar. Kemenangan kompetitif pertama sepanjang sejarah melawan Armenia (1-0), disusul keberhasilan mengalahkan Lichtenstein 2-1, di Nations League membawa Gibraltar melesat delapan peringkat ke urutan ke-190.

Simak daftar lengkap ranking FIFA Oktober 2018 di sini!