Permalukan Persipura, Persija Gusur Persib di Klasemen Liga 1

Persija Jakarta meraih poin penuh pada laga pekan ke-27 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak 2018. Skuat racikan Stefano Cugurra itu mengalahkan tuan rumah Persipura Jayapura di Stadion Mandala.

Bertamu ke kandang Persipura, Kamis (25/10/2018), Persija sukses membawa pulang tiga poin lewat kemenangan 2-1. Riko Simanjuntak dan Marko Simic tampil sebagai pahlawan Persija. Berkat kemenangan itu, Macan Kemayoran naik ke posisi kedua klasemen.

Mereka menggeser Bhayangkara FC dengan keunggulan dua poin dan Persib Bandung dengan keunggulan head to head karena sama-sama mengumpulkan 45 poin. Dengan PSM Makassar, Persija terpaut lima poin dengan sisa satu laga lebih banyak.

Persija datang dengan ambisi melanjutkan tren positif usai menang 2-1 atas Perseru Serui dan 1-0 atas Madura United. Namun, perjuangan Persija di awal harus sedikit terhambat. Laga sempat dihentikan sejenak karena ada chant berbahaya dari tribun.

Laga baru kembali dilanjutkan pada menit kelima. Sampai saat itu, mereka masih kesulitan menembus lini belakang tuan rumah. Tekanan baru bisa diberikan Persija lewat tendangan keras Rohit Chand yang masih bisa dihalau kiper Dede Sulaiman di menit ke-11.

Meski mencoba untuk terus menguasai permainan, gawang tim Macan Kemayoran kawalan Andritany Ardhiyasa justru kebobolan lebih dulu. Adalah Ricardo Salampessy yang sukses memaksimalkan umpan Ian Louis Kabes di menit ke-35.

Untungnya, Persija Jakarta bisa menyamakan skor di pengujung babak pertama. Riko Simanjuntak mencetak gol penyeimbang setelah sukses memaksimalkan assist Michael Orah di menit ke-45+2.

Di awal babak kedua, pergantian pemain dilakukan pelatih Osvaldo Lessa. Boaz Solossa yang disimpan di babak pertama masuk menggantikan Marcio Rosario di menit ke-49. Tujuannya jelas untuk menambah daya gedor timnya.

Sayang, gawang Dede Sulaeman justru kembali kebobolan. Marko Simic mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-64. Empat menit kemudian, Persipura melakukan upaya lewat sundulan Boaz. Sayang, bola hasil sundulannya masih jauh dari sasaran.

Di menit ke-75, peluang emas didapat Persija lewat Ramdani Lestaluhu. Menerima umpan dari Renan Da Silva, tendangan yang dilepaskan Ramdani masih meluncur tipis di atas gawang. Sampai peluit panjang dibunyikan, keunggulan 2-1 Persija tak berubah.

Susunan Pemain:

Persipura: Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Muhammad Tahir, Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Bernadus Valentinus Telaubun, Marcio Nascimento Rozario, Immanuel Wanggai, Ian Louis Kabes, Prisca Womsiwor, Addison Alves

Persija: Andritany Ardhiyasa; Maman Abdurahman, Jaimerson Da Silva, Michael Yansen Orah, Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Sandi Sute, Novri Setiawan, Ramdani Lestaluhu, Renan Da Silva, Marko Simic